Penerapan Fuzzy Inference System Mamdani ntuk Menentukan Jumlah Pembelian Obat Berdasarkan Data Persediaan dan Penjualan

Shifa, Rania (2022) Penerapan Fuzzy Inference System Mamdani ntuk Menentukan Jumlah Pembelian Obat Berdasarkan Data Persediaan dan Penjualan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_RANIA_SHIFA_17030022_1257_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Masalah persediaan merupakan permasalahan yang elalu dihadapi para pengambil keputusan dalam bidang persediaan, Persediaan dibutuhkan karena pada dasarnya pola permintaan tidak beraturan, Oleh karena itu, perencanaan jumlah pembelian produk untuk persediaan dapat diperhirungkan dengan tepat. Tujuan dari penehtian ini a.dalah untuk mengetahui jumlah pembelian obat di Apotek Bayu Padang dengan Fuzzy Inference System metode Mamdani berdasarkan data persediaan dan penjualan. Penelitian ini merupakan penelitian terapan dengan menggunakan penerapan logikafazzy Mamdani dalam menentukan jumlah pembelian obat. Jenis data. yang digunakan adalah data sekunder yang didapat dari laporan pembukuan Apotek Bayu Padang pada bulan Juni 2020 sampai dengan bulan Mei 2021. Penelitian ini menggunakan tiga ariable yaitu jumlah persediaan, jumlah penjualan dan jumlah pembelian obat. Perhitungan untuk menentukan jumlah pembelian obat dengan menggumak:an Fuzzy Inference System Mamdani dimulai dengan menentukan himpunan fuzzy dari masing-masing variabel input dan output menentukan fungsi keanggotaan dari masing-masing variabel fuzzy, menentukan fungsi implikasi dengan metode MIN menentukan nilai output dari fuzzy rules, dan melakukan defuzzyfikasi menggunakan rnetode Centroid. Dari basil yang diperoleh jumlah total pembelian obat pada Apotek Bayu Padang pa.da bu]an Juni 2021 dengan menggunakan metode Fuzzy Inference Mamdani adalah sebanyak 25 box dengan MSE sebesar 28,1065 dan nilai MAPE sebesar 20 764945%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhmad, DefriUNSPECIFIED
CorrectorSubhan, MuhammadUNSPECIFIED
CorrectorHelma, HelmaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 11 May 2023 02:53
Last Modified: 11 May 2023 02:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43682

Actions (login required)

View Item View Item