Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Kemampuan Awal Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII MTsN 2 Kerinci

Hernaya, Nita (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Kemampuan Awal Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII MTsN 2 Kerinci. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_03_NITA_HERNAYA_19177037_6328_2022.pdf

Download (662kB) | Preview

Abstract

Observasi yang dilakukan di kelas VII MTsN 2 Kerinci pada pembelajaran IPA menunjukkan bahwa pembelajaran masih berpusat pada guru. Guru kurang mengaitkan materi IPA dengan kehidupan sehari-hari peserta didik. Aktivitas belajar peserta didik rendah. Hal ini menyebabkan rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik. Nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis peserta didik yang diperoleh yaitu 55.59 dengan kriteria rendah. Nilai kemampuan awal peserta didik juga masih rendah dilihat dari rata-rata nilai ulangan harian yakni 63.12 yang belum mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 75. Kemampuan awal peserta didik dibagi menjadi kemampuan awal tinggi dan rendah. Hal ini bertujuan untuk menentukan anggota kelompok yang heterogen serta untuk melihat pengaruhnya terhadap keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)dan kemampuan awal terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPA Kelas VII MTsN 2 Kerinci. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu(quasi eksperimen). Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTsN 2 Kerinci. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, didapatkan kelas VIIdsebagai kelas eksperimen dan kelas VIIcsebagai kelas kontrol. Analisis data pada uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan ANOVA dua arah. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1) Nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen adalah 78,02 dengan kriteria tinggi sedangkan kelas kontrol yaitu 67,60 dengan kriteria sedang. (2) Nilai keterampilan berpikir kritis peserta didik berkemampuan awal tinggi pada kelas eksperimen adalah 83,96 dengan kriteria sangat tinggi, sedangkan kelas kontrol adalah 72,12 dengan kriteria tinggi. (3) Nilai keterampilan berpikir kritis peserta didik berkemampuan awal rendah pada kelas eksperimen adalah 72,08 dengan kriteria tinggi sedangkan kelas kontrol dalah 62,08 dengan kriteria rendah (4) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran CTL dengan kemampuan awal peserta didik dalam mempengaruhi keterampilan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRazak, AbdulUNSPECIFIED
CorrectorAlberida, HeffiUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING, BERPIKIR KRITIS
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 11 May 2023 02:34
Last Modified: 11 May 2023 02:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43677

Actions (login required)

View Item View Item