Analisis Pengelolaan Sarana Wisata Pemandian Air Panas Padang Ganting Sebagai Daya Tarik Wisata di Kabupaten Tanah Datar

Ningrum, Belqis Septia (2022) Analisis Pengelolaan Sarana Wisata Pemandian Air Panas Padang Ganting Sebagai Daya Tarik Wisata di Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_BELQIS_SEPTIA_NINGRUM_18135168_7386_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya masalah mengenai pengelolaan sarana wisata. Peneliti menemukan permasalahan yang berkaitan dengan pengelolaan sarana wisata yaitu toilet yang jumlahnya masih kurang memadai dan masih kotor, lalu ruang ganti yang keamanannya kurang terjamin, rumah makan yang belum ada, kendaraan yang parkir sembarangan dan jarang ditemui juru parkir yang mengatur kendaraan para pengunjung kemudian tempat sampah yang sudah rusak dan sampah yang tidak dikelola dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganasis dan melihat bagaimana pengelolaan sarana wisata di Pemandian Air Panas Padang Ganting yang ditinjau dari tiga indikator yaitu Pengelolaan Sarana Pokok, Pengelolaan Sarana Pendukung dan Pengelolaan Sarana Penunjang. Jenis penelitian ini yaitu Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengumpulan data dengan teknik wawancara yang melibatkan 5 (lima) orang informan. Informan yang dipilih berdasarkan purposive sampling. Teknik analisis datanya terdiri dari reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan penemuan dalam penelitian ini diketahui pengelolaan sarana wisata di Pemandian Air Panas Padang Ganting belum dikelola dengan baik. Dimana pengelolaan sarana pokok untuk perencanaan sudah ada namun belum bisa direalisasikan karena terkendala biaya. Pengorganisasiannya sudah ada, pengarahan sudah diberikan namun masih belum signifikan, dan pengawasan sudah ada namun belum maksimal. Lalu untuk pengelolaan sarana pendukung perencanaannya sudah ada, pengorganisasian masih ada yang belum jelas, pengarahan sudah diberikan dan pengawasan sudah dilakukan dengan baik namun masih belum maksimal. Kemudian pengelolaan sarana penunjang wisata baik perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan sudah berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsnur, LiseUNSPECIFIED
CorrectorFerdian, FeriUNSPECIFIED
CorrectorWulandari, NidiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGELOLAAN SARANA WISATA-DAYA TARIK WISATA
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 10 May 2023 07:48
Last Modified: 10 May 2023 07:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43672

Actions (login required)

View Item View Item