Penerapan Penilaian Otentik untuk Keterampilan Membaca di Kelas X SMA di Sumatra Barat

Zuliani, Nelvi (2022) Penerapan Penilaian Otentik untuk Keterampilan Membaca di Kelas X SMA di Sumatra Barat. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_02_NELVI_ZULIANI_20178034_5850_2022.pdf

Download (804kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis penilaian otentik yang dilaksanakan oleh guru, tingkat kesulitan penilaian otentik yang dilaksanakan oleh guru dan kesulitan guru dalam melaksanakan penilaian otentik keterampilan membaca di kelas X SMA. Responden penelitian ini adalah 10 orang guru Bahasa Inggris di SMA Negeri di Sumatera Barat. Sekolah-sekolah tersebut adalah SMAN 1 Padang, SMAN 10 Padang, SMAN 1 Bukittinggi, SMAN 3 Bukittinggi, SMAN 5 Bukittinggi, SMAN 1 Banuhampu Kabupaten Agam, SMAN 1 IV Koto Kabupaten Agam, SMAN 1 Padangpanjang, SMAN 3 Padangpanjang dan SMAN 1 Sumatera Barat. Instrumen penelitian ini adalah angket, wawancara, observasi dan studi dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan memeriksa semua data yang diperoleh melalui kuesioner, wawancara, observasi dan studi dokumen. Hasil penelitian ini adalah enam jenis penilaian otentik yang digunakan untuk keterampilan membaca. Yaitu penilaian proyek, penilaian kinerja, portofolio, penilaian tertulis, observasi (diskusi), observasi (tanya jawab). Kemudian, penilaian tertulis dan observasi (diskusi) merupakan penilaian otentik yang paling sering digunakan untuk keterampilan membaca. Selanjutnya tingkat kesukaran ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan akhir dari sepuluh SMA se-Sumatera Barat tergolong mudah. Untuk kesulitan guru ada tujuh kesulitan. Kesulitan tersebut ialah keterbatasan waktu, kurangnya kosa kata siswa, rendahnya kemampuan siswa dalam membaca, rendahnya motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris, kesulitan guru dalam menggunakan portofolio, kesulitan guru dalam menentukan pilihan jawaban untuk tes membaca, guru kesulitan dalam membuat pertanyaan dengan tingkat kesulitan yang tinggi untuk tes membaca.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZainil, YettyUNSPECIFIED
CorrectorArdi, HavidUNSPECIFIED
CorrectorFatimah, SiitiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING, BERPIKIR KRITIS
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 10 May 2023 08:01
Last Modified: 10 May 2023 08:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43671

Actions (login required)

View Item View Item