Pengembangan E-Modul Fisika Terintegrasi Literasi Saintifik Menggunakan Model Inquiry Based Learning Berbantuan Smartphone Untuk Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik Kelas X SMA

Risma, Mutia (2022) Pengembangan E-Modul Fisika Terintegrasi Literasi Saintifik Menggunakan Model Inquiry Based Learning Berbantuan Smartphone Untuk Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik Kelas X SMA. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_03_ MUTIA_RISMA_19175008_6285_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kompetensi peserta didik dan kemandirian dalam belajar fisika belum optimal meskipun telah menggunakan modul dalam pembelajaran. Salah satu faktor yang menyebabkan hal tersebut adalah modul yang digunakan belum memuat sintak model pembelajaran yang dapat melatih kemandirian peserta didik sehingga kompetensi yang diperoleh belum optimal. Selain itu, modul masih berbentuk cetak dan belum memanfaatkan teknologi dalam penggunaannya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul fisika menggunakan model Inquiry Based Learning untuk meningkatkan kompetensi peserta didik kelas X SMA yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model Plomp dengan tiga fase yakni preliminary research, development or prototyping phase, and assesment phase. Instrumen penelitian meliputi angket studi pendahuluan, angket validitas, angket praktikalitas, lembar observasi sikap, tes tertulis, dan lembar penilaian keterampilan. Teknik analisis data untuk validitas menggunakan rumus Aiken’s V, dan praktikalitas serta efektivitas menggunakan deskriptif persentase.. Hasil preliminary research menunjukkan perlunya pengembangan e-modul. Hasil development menunjukkan tingkat kevalidan e-modul sebesar 0,87, kepraktisannya menurut guru dan peserta didik masing-masing 96,47% dan 93,99%. Hasil assessment phase memperlihatkan kompetensi pengetahuan menurut ketuntasan klasikal adalah 97% dan nilai gain 0,77 yang berarti peningkatan pengetahuan peserta didik terkategori tinggi, pencapaian kompetensi sikap dan keterampilan adalah sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-modul fisika terintegrasi literasi saintifik menggunakan model Inquiry Based Learning berbantuan smartphone memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYulkifli, YulkifliUNSPECIFIED
CorrectorFestiyeyt, FestiyetUNSPECIFIED
CorrectorRamli, RamliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-MODUL, LITERASI SAINTIFIK, MODEL INQUIRY BASED LEARNING
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 10 May 2023 06:43
Last Modified: 10 May 2023 06:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43666

Actions (login required)

View Item View Item