Efektivitas Konseling Kelompok dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy untuk Mengurangi Perilaku Menyontek Siswa

Harahap, Marianna (2022) Efektivitas Konseling Kelompok dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy untuk Mengurangi Perilaku Menyontek Siswa. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_MARIANNA_HARAHAP-19151026_6539_2022.pdf

Download (833kB) | Preview

Abstract

Perilaku menyontek merupakan kegiatan yang sering dan selalu muncul menyertai aktivitas proses belajar mengajar yang dapat mengikis kepribadian positif dalam diri siswa karena menggunakan cara-cara yang tidak jujur dalam pencapaian nilai akademik.Penelitin ini bertujuanuntuk (1) menguji perbedaan perilaku menyontek siswa kelompok eksperimen sebelum dan sesudah mengikuti layanan konseling kelompok menggunakan pendekatan rational emotive behavior therapy, (2) menguji perbedaan perilaku menyontek siswa kelompok kontrol sebelum dan sesudah mengikuti layanan konseling kelompok Prayitno, (3) menguji perbedaan perilaku menyontek siswa kelompok eksperimen yang diberikan layanan konseling dengan pendekatan rational emotive behavior therapy dengan kelompok kontrol yang diberikan layanan konseling kelompok Prayitno. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dengan rancangan The Non Equivalent Control Group Design.Populasi dalam penelitian ini sebanyak 400 siswa, dan diambil 16 siswa yang dibagi menjadi 8 siswa untuk kelompok eksperimen dan 8 siswa untuk kelompok kontrol. Penarikan sampel yang digunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data berupa angket perilaku menyontek model SkalaLikert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan perilaku menyontek siswa sebelum dan sesudah mengikuti konseling kelompok menggunakan pendekatan rational emotive behavior therapy, (2) terdapat perbedaan yang signifikan perilaku menyontek siswa sebelum dan sesudah mengikuti konseling kelompok Prayitno, (3) terdapat perbedaan yang signifikan perilaku menyontek siswa yang mengikuti konseling kelompok menggunakan pendekatan rational emotive behavior therapy dan mengikuti konseling kelompok Prayitno.Sehinggapenelitianinidapatdijadikanbahan masukan sebagai dasar bagi guru BK/Konselor dalam memberikan layanan konseling kelompok menggunakan pendekatan rational emotive behavior therapy dalam upaya mengatasi dan mencegah perilaku menyontek siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNetrawati, NetrawatiUNSPECIFIED
CorrectorNirwana, HermanUNSPECIFIED
CorrectorHariko, RezkiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PERILAKU MENYONTEK, KONSELING KELOMPOK, RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 10 May 2023 04:26
Last Modified: 10 May 2023 04:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43664

Actions (login required)

View Item View Item