Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 X Koto Diatas

Pahdinol, Rahmika (2022) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 X Koto Diatas. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_RAHMIKA_PAHDINOL_17029176_521_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan hal yang sangat penting bagi peserta didik dalam proses belajar, dengan pemahaman konsep yang baik maka tujuan-tujuan selanjutnya dari pembelajaran matematika dapat tercapai. Namun, kenyataan di lapangan ditemukan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 X Koto Diatas masih rendah. Hal ini disebabkan karena berbagai faktor, salah satunya kegiatan pembelajaran di sekolah yang masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Model pembelajaran ini dipilih karena cocok dengan karakteristik peserta didik di SMP N 2 X Koto Diatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dibandingkan peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 2 X Koto Diatas. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan Control Group Pretest and Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 X Koto Diatas Tahun Pelajaran 2021/2022, dengan jumlah peserta didik sebanyak 42 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik non probability sampling, yang mana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah soal tes pemahaman konsep matematis dalam bentuk essay. Berdasarkan analisis data menggunakan uji-t, diperoleh , karena , maka ditarik kesimpulan tolak dan terima . Sehingga dapat disimpulkan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dibandingkan peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 2 X Koto Diatas. Hal ini didukung dengan hasil uji N-Gain pada kelas kontrol 0,148 dan pada kelas eksperimen sebesar 0,624. Hasil uji N-Gain menunjukkan peningkatan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol yang berarti adanya peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dibandingkan peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJazwinarti, JazwinartiUNSPECIFIED
CorrectorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
CorrectorAziz, Saddam AlUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 10 May 2023 03:57
Last Modified: 10 May 2023 03:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43663

Actions (login required)

View Item View Item