Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas X MIPA SMAN 1 Lubuk Sikaping

Yulvira, Rahma (2022) Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas X MIPA SMAN 1 Lubuk Sikaping. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_RAHMA_YULVIRA_17029113_1496_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah kemampuan yang harus dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Hal ini dikarenakan dengan semakin dikembangkannya kemampuan pemecahan masalah maka pola pikir peserta didik juga akan semakin meningkat. Namun pada kenyataannya, kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas X SMA masih tergolong rendah. Oleh sebab itu dilakukan suatu penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi sistem pertidaksamaan dua variabel di kelas X MIPA SMAN 1 Lubuk Sikaping. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pra-experiment dengan rancangan the one shot class study. Yang menjadi subjek pada penelitian ini ialah peserta didik kelas X MIPA SMAN 1 Lubuk Sikaping tahun pelajaran 2021/2022. Hasil data penelitian ini dikumpulkan melalui kuis dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Kemudian dilakukan analisis berdasarkan rata-rata nilai kuis dan tes serta persentase ketuntasan peserta didik. Berdasarkan analisis data dapat dilihat bahwa adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Hal itu terlihat dari adanya perkembangan nilai kuis peserta didik pada tiap pertemuan. Selain itu, persentase ketuntasan tes akhir juga meningkat dibandingkan persentase penilaian tengah semester di tahun pelajaran yang sama dimana persentase ketuntasan yang pada mulanya 20% menjadi 74%. Rata-rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah juga berada pada kategori yang sangat baik yaitu 80,74. Jadi diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning memberikan pengaruh yang positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas X MIPA SMAN 1 Lubuk Sikaping.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
CorrectorDwina, FitraniUNSPECIFIED
CorrectorHarisman, YulyantiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 10 May 2023 02:52
Last Modified: 10 May 2023 02:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43658

Actions (login required)

View Item View Item