Keanekaragaman Jenis Kupu-Kupu (Rhopalocera) Di Sekitar Kawasan Air Terjun Sarasah Gasang Agam, Kabupaten Agam, Sumatera Barat

Azhari, Radif (2022) Keanekaragaman Jenis Kupu-Kupu (Rhopalocera) Di Sekitar Kawasan Air Terjun Sarasah Gasang Agam, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_RADIF_AZHARI_17032035_610_2022.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

Penelitian Keanekaragaman Jenis Kupu-kupu (Rhopalocera) dilakukan di sekitar kawasan Air Terjun Sarasah Gasang Maninjau yang terletak di jorong Gasang kecamatan Lubuk Basung kabupaten Agam Sumatera Barat dengan tujuan untuk mengetahui jenis dan keanekaragaman jenis kupu-kupu di kawasan Air Terjun Sarasah Gasang Maninjau. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode tangkap langsung menggunakan jala serangga (Insect net) dan cylindrical gauze (kupu-kupu pemakan buah).Penelitian dilakukan pada bulan Oktober sampai dengan Desember 2021.Pengambilan sampel dilakukan di kawasan air terjun serta hutan disekitaran air terjun, sedangkan untuk identifikasi dan analisa data dilakukan di Laboratorium Ekologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang. Hasil penelitian ini ditemukan sebanyak 41 individu kupu-kupu, terdiri dari 20 spesies, 19 genera yang didapatkan di air terjun Sarasah Gasang Maninjau. Kupu-kupu yang didapatkan termasuk ke dalam 4 famili, yaitu: Nymphalidae, Pieridae, Lycaenidae, dan Papilionidae. Berdasarkan dari penelitian yang telah dilakukan diketahui nilai indeks keanekaragaman spesies kupu-kupu adalah 2,7401 dengan kategori sedang, Indeks kemerataan spesies sebesar 0,9147 dengan kategori stabil dan indeks dominansi sebesar 0,0791 yang berarti tidak ada spesies yang mendominasi pada area penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSatria, RijalUNSPECIFIED
CorrectorNugraha, Fitra Arya DwiUNSPECIFIED
CorrectorAtifah, YusniUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 09 May 2023 03:40
Last Modified: 09 May 2023 03:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43642

Actions (login required)

View Item View Item