Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Problem Based Learning pada Materi Hidrolisis Garam untuk Meningkatkan Literasi Sains terhadap Peserta Didik Kelas XI SMA/MA

Gusman, Fadila (2022) Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Problem Based Learning pada Materi Hidrolisis Garam untuk Meningkatkan Literasi Sains terhadap Peserta Didik Kelas XI SMA/MA. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_03_FADILA_GUSMAN_20176016_5158_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Era revolusi industri 4.0 merupakan era digitalisasi diberbagai bidang terutama pada bidang pendidikan sehingga dibutuhkan suatu bahan ajar yang dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul Kimia Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Hidrolisis Garam Untuk Meningkatkan Literasi Sains Terhadap Peserta Didik, serta menentukan tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan e-modul yang dikembangkan. Pengembangan e-modul dilakukan melalui tahapan model pengembangan 4-D yang terdiri 4 tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop) dan desseminate. Instrumen penilaian yang digunakan yaitu lembar observasi, angket, dan tes hasil literasi sains. E- modul divalidasi oleh enam orang validator ahli materi. Kemudian e-modul diujicobakan 36 orang peserta didik di SMAN 1 Rambatan. Hasil uji validitas dan praktikalitas e- modul dianalisis dengan formula Aiken’s V. Hasil uji efektifitas e-modul dianalisis dengan formula N-Gain dengan bantuan SPSS 23. Hasil validitas materi e-modul diperoleh nilai rata-rata Aiken’s V sebesar 0.92 dengan kategori valid. Hasil Praktikalitas e-modul oleh guru dan peserta didik diperoleh nilai rata- rata sebesar 0.94 dan 0,88 dengan kategori sangat praktis. Hasil uji efektifitas hasil literasi sains e-modul diperoleh nilai rata-rata N-gain sebesar 0,81 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa e-modul kimia berbasis problem based learning pada materi hidrolisis garam untuk meningkatkan literasi sains peserta didik yang dikembangkan telah valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDewata, IndangUNSPECIFIED
CorrectorRahadian, RahadianUNSPECIFIED
CorrectorAndromeda, AndromedaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-MODUL, PROBLEM BASED LEARNING, MODEL PENGEMBANGAN 4-D, HIDROLISIS GARAM
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 May 2023 03:12
Last Modified: 09 May 2023 03:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43633

Actions (login required)

View Item View Item