Pengaruh Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Think-Talk-Write terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman konsep dan Komunikasi Matematis Siswa SMA

Asfiani, Fadhilah (2022) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Think-Talk-Write terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman konsep dan Komunikasi Matematis Siswa SMA. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_03_FADHILAH_ASFIANI_RANGKUTI_17205058_6134_2022.pdf

Download (932kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa yang mendapat pembelajaran kooperatif dengan teknik Think-Talk-Write (TTW) lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen dan desain kelompok randomized pretest - posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Plus Panyabungan. Sampel sebanyak 63 siswa diambil dari dua kelas X, masing-masing sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen mendapat pembelajaran kooperatif dengan teknik TTW, sedangkan kelas kontrol sebagai pembanding mendapat pembelajaran konvensional. Untuk memperoleh data yang diperlukan, digunakan instrumen berupa tes kemampuan pemahaman matematis, tes kemampuan komunikasi matematis. Analisis data dilakukan secara kuantitatif untuk data hasil pretes dan postes. Dalam uji hipotesis semua hasil menunjukkan < 0,05 Maka tolak H0, terima H1 sehingga dalam uji hipotesis di peroleh hasil penelitian yaitu : (a) peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa yang mendapat pembelajaran kooperatif dengan teknik TTW lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional; (b) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapat pembelajaran kooperatif dengan teknik TTW lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional; (c) peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa yang mendapat pembelajaran kooperatif dengan teknik TTW berkemampuan awal rendah, sedang dan tinggi lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional yang berkemampuan awal rendah, sedang dan tinggi; (d) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapat pembelajaran kooperatif dengan teknik TTW berkemampuan awal rendah, sedang dan tinggi lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional yang berkemampuan awal rendah, sedang dan tinggi. (e) Tidak ada interaksi model pembelajaran dan kemampuan awal terhadap kemampuan pemahaman konsep. (f) Tidak ada interaksi model pembelajaran dan kemampuan awal terhadap kemampuan komunikasi matematis.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyarifuddin, HendraUNSPECIFIED
CorrectorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorI Made, ArnawaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: THINK-TALK-WRITE, PEMAHAMAN KONSEP , KOMUNIKASI MATEMATIS
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 May 2023 02:17
Last Modified: 09 May 2023 02:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43628

Actions (login required)

View Item View Item