Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tiktok sebagai Media Pembelajaran terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik kelas XI IPS pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA N 1 Ampek Angkek

Ardiana, Elsa (2022) Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tiktok sebagai Media Pembelajaran terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik kelas XI IPS pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA N 1 Ampek Angkek. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_04_ ELSA_ARDIANA_20161006_6615_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan potensi diri pada individu. Oleh karena itu proses pembelajaran harus direncanakan dan dilakukan dengan baik agar pembelajaran menjadi suatu aktivitas yang menarik. Ada banyak cara yang dilakukan oleh pendidik untuk menjadikan kegiatan belajar menjadi kegiatan yang menarik, salah satunya adalah penggunaan media pembelajaran. Hal tersebut dikarenakan penggunaan media pembelajaran merupakan salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas belajar perserta didik. Dengan meningkatkan keaktifan peserta didik dalam belajar, maka diharapkan hasil belajar peserta didik juga ikut meningkat. Ada banyak jenis media pembelajaran, salah satunya adalah media pembelajaran audiovisual. Tiktok merupakan aplikasi hiburan berisi vidio yang digemari masyarakat pada saat ini, termasuk dikalangan peserta didik. Tiktok sebagai aplikasi hiburan vidio memiliki banyak fitur yang memungkinkan untuk digunakan sebagai media pembelajaran audiovisual. Dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan aplikasi Tiktok sebagai Media Pembelajaran terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Sosiologi kelas XI IPS di SMA N 1 Ampek Angkek. Pendekatan dalam penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif Quasi-Eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Factorial desain 2x2. Lokasi penelitian di SMA N 1 Ampek Angkek yang berlokasi di Kanagarian Lambah, Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam. Populasi dalam penelitian adalah peserta didik kelas XI IPS dan sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 4 untuk kelas Eksperimen yang akan menggunakan Aplikasi Tiktok sebagai media pembelajaran dan XI IPS 1 untuk kelas Kontrol yang tidak menggunakan Aplikasi Tiktok sebagai media pembelajaran. Analisis data menggunakan teknik analisa kuantitatif menggunakan uji-t untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian didapatkan bahwa: 1). Terdapat perbedaan keaktifan peserta didik yang menggunakan Tiktok sebagai media pembelajaran dengan peserta didik yang tidak menggunakan aplikasi Tiktok sebagai media pembelajaran, 2). Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan aplikasi Tiktok sebagai media pembelajaran dengan peserta didik yang tidak menggunakan aplikasi Tiktok sebagai media pembelajaran. Hal ini terjadi karena aplikasi Tiktok dapat merangsang keaktifan belajar peserta didik melalui kegiatan yang tidak membosankan. Dengan melihat konten vidio pembelajaran sebelum peserta didik masuk kedalam materi pembelajaran, membuat peserta didik terstimulus untuk menunjukkan sikap ketertarikan terhadap pembelajaran sehingga membuat peserta didik tersebut ikut serta terlibat dalam setiap proses pembelajaran dan peserta didik dapat menghasilkan hasil belajar dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAnanda, AzwarUNSPECIFIED
CorrectorEfi, AgustiUNSPECIFIED
CorrectorIndrawadi, JunaidiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: APLIKASI TIKTOK, MEDIA PEMBELAJARAN
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 May 2023 07:55
Last Modified: 08 May 2023 07:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43621

Actions (login required)

View Item View Item