Pemerolehan Bahasa Anak Usia 2,6-5,0 Tahun di PAUD Bakti Bunda Tabing Padang

Efrianto, Efrianto (2022) Pemerolehan Bahasa Anak Usia 2,6-5,0 Tahun di PAUD Bakti Bunda Tabing Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_02_EFRIANTO_19195_5684_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan empat hal berikut ini. Pertama, kategori kata yang telah diperoleh anak usia 2,6-5,0 tahun di PAUD Bakti Bunda Tabing Padang. Kedua, jenis makna yang diperoleh anak usia 2,6-5,0 tahun di PAUD Bakti Bunda Tabing Padang. Ketiga,medan makna yang banyak diperoleh anak usia 2,6-5,0 tahun di PAUD Bakti Bunda Tabing Padang. Keempat, tahap perkembangan pemerolehan semantik anak usia 2,6-5,0 tahun di PAUD Bakti Bunda Tabing Padang. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif karena penelitian ini berusaha memahami pemerolehan bahasa anak usia 2,6-5,0 tahun di PAUD Bakti Bunda Tabing Padang.Sumber data adalah orang yang menjadi subjek dalam penelitian, yakni anak usia 2,6-5,0 tahun di PAUD Bakti Bunda Tabing Padang, sedangkan informan adalah guru di PAUD Bakti Bunda Tabing Padang. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dilengkapi dengan alat pengumpul data. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah metode simak. Metode simak digunakan untuk menyimak pemerolehan bahasa yang diperoleh oleh anak usia 2,6-5,0 tahun di PAUD Bakti Bunda Padang. Teknik yang digunakan dalam menjamin keabsahan penelitian ini adalah ketekunan pengamatan. Data dianalisis melalui beberapa tahapan sesuai dengan tujuan penelitian ini. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwaanak PAUD Bakti Bunda Tabing Padang, (1) mampu menggunakan verba, ajektiva, nomina, pronomina, numeralia, adverbia, dan kata tugas, baik bentuk dasar maupun turunan, (2) mampu memahami dan menggunakan satuan bahasa yang mengandung makna leksikal, makna gramatikal, makna referensial, makna nonreferensial, makna denotatif, dan makna kata, (3) paling banyak memperoleh kata dalam medan makna kegiatan, dan (4) memiliki kecenderungan pemerolehan semantik pada tahap medan semantik. Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa pemerolehan bahasa anak usia 2,6-5,0 tahun di PAUD Bakti Bunda Tabing Padang telah memperoleh dan mampu menggunakan semua jenis kata dan dalam pemerolehan semantik anak juga telah mampu menggolongkan benda-benda ke dalam medan semantik tertentu.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyahrul, SyahrulUNSPECIFIED
CorrectorBasi, IrfaniUNSPECIFIED
CorrectorAgustina, AgustinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BAHASA ANAK
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa danSastra Indonesia-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 May 2023 07:55
Last Modified: 08 May 2023 07:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43619

Actions (login required)

View Item View Item