Pengaruh metode Latihan dan Koordinasi Mata Kaki terhadap Kemampuan Smash Atlet Bolavoli SMA Negeri Olahraga Provinsi Riau

Abdiliah, Dwi Maya (2022) Pengaruh metode Latihan dan Koordinasi Mata Kaki terhadap Kemampuan Smash Atlet Bolavoli SMA Negeri Olahraga Provinsi Riau. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_DWI_MAYA_ABDILIAH_20199023_6195_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini rendahnya kemampuan smash atlet bola voli SMA Negeri Olahraga Provinsi Riau. Ada banyak faktor sebagai penyebab, dua faktor diantaranya adalah metode latihan dan koordinasi mata kaki. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh metode latihan interval ekstensif dan interval intensif dan koordinasi mata kaki terhadap kemampuan smash atlet bolavoli SMA Negeri Olahraga Provinsi Riau. Jenis penelitian ini adalah ini menggunakan metode quasi eksperimen yang menggunakan rancangan treatment by Level 2 x 2, yaitu suatu eksperimen factorial yang menyangkut dua faktor. Sampel penelitian ini adalah atlet bolavoli putra SMA Negeri Olahraga Provinsi Riau yang berjumlah 28 orang. Data koordiniasi mata kaki diukur menggunakan tes Soccer Wall Volley test , dan untuk mengukur kemampuan smash atlet bolavoli menggunakan tes keterampilan smash, kemudian dilanjutkan dengan pengujian persyaratan analisis varians dan analisis varians (ANAVA) 2 x 2. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan pengaruh metode latihan interval ekstensif dengan metode latihan interval intensif terhadap kemampuan smash atlet bolavoli SMA Negeri Olahraga Provinsi Riau, (2) Terdapat interaksi antara metode latihan interval ekstensif, metode latihan interval intensif dan koordinasi mata kaki terhadap kemampuan smash atlet bolavoli, (3) Pada kelompok koordinasi mata kaki kategori tinggi metode latihan interval ekstensif lebih efektif dibandingkan metode latihan interval intensif untuk meningkatkan kemampuan smash bolavoli SMA Negeri Olahraga Provinsi Riau, (4) Tidak terdapat perbedaan pada kelompok koordinasi mata kaki kategori rendah antara metode latihan interval intensif dengan metode latihan interval ekstensif untuk meningkatkan kemampuan smash bolavoli SMA Negeri Olahraga Provinsi Riau.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRasyid, WilladiUNSPECIFIED
CorrectorSyafruddin, SyafruddinUNSPECIFIED
CorrectorBarlian, EriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KOORDINASI MATA KAKI, METODE LATIHAN INTERVAL EKSTENSIF, METODE LATIHAN INTERVAL INTENSIF
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 May 2023 07:15
Last Modified: 08 May 2023 07:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43618

Actions (login required)

View Item View Item