Dampak Perubahan Penggunaan Lahan terhadap Bencana Kekeringan Lahan di Nagari Tanjung Haro Sikabu – Kabu, Padang Panjang, Sumatera Barat

Putri, Dian Ayu Lestari Alifa (2022) Dampak Perubahan Penggunaan Lahan terhadap Bencana Kekeringan Lahan di Nagari Tanjung Haro Sikabu – Kabu, Padang Panjang, Sumatera Barat. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_03_DIAN_AYU_LESTARI_ALIFA_PUTRI_21168007_6164_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Nagari Tanjung Haro Sikabu – Kabu Padang Panjang terletak di kaki Gunung Sago yang memiliki persentase kemiringan lereng yang cukup tinggi dengan elevasi antara 500 mdpl hingga 2200 mdpl. Pertanian merupakan sektor perekonomian utama di daerah penelitian dengan dominasi tanaman pangan. Berdasarkan analisis spasial, didapatakn empat kelas lahan yang ada di daerah penelitian, yaitu kelas lahan trees, crops, built area, dan rangeland. Daerah penelitian selalu mengalami kekeringan, terutama ketika musim kemarau tiba. Adanya perubahan penggunaan lahan dianggap sebagai penyebab utama terjadinya bencana kekeringan yang menyebabkan masyarakat kekurangan air untuk melakukan kegiatan sehari – hari, terutama untuk kegiatan pertanian. Metode analisis korelasi pearson digunakan untuk menentukan seberapa bagaiman dampak yang diberikan dari perubahan penggunaan lahan terhadap potensi bencana kekeringan di daerah penelitian. Hasil menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara perubahan penggunaan lahan yang dihitung dari luas perubahannya dengan luas persebaran potensi kekeringan dari kelas sedang di daerah penelitian, dimana setiap kenaikan 1 Ha luas lahan trees akan menurunkan potensi bencana kekeringan dari kelas sedang seluas 0,884 Ha, sedangkan setiap 1 Ha kenaikan luas lahan crops dan built area akan meningkatkan kenaikan luas potensi bencana kekeringan dari kelas sedang seluas 1,479 Ha dan 2,869 Ha. Untuk mengatasi kekeringan tersebut, maka masyarakat harus beradaptasi dengan kondisi yang ada sekaligus melakukan rehabilitasi terhadap hutan, lahan, dan sumber air di daerah penelitian. Untuk itu, dibuat rencana strategi adaptasi bencana kekeringan lahan dengan menggunakan metode SWOT. Ini perlu dilakukan karena adaptasi diperlukan untuk mengantisipasi bencana yang akan datang dan untuk mengurangi sumber dari bencana tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBarlian, EriUNSPECIFIED
CorrectorSyah, NurhasanUNSPECIFIED
CorrectorIswandi, Iswandi UUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PERUBAHAN PENGGUNAAN LAHAN, BENCANA KEKERINGAN LAHAN
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Lingkungan-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 May 2023 04:37
Last Modified: 08 May 2023 04:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43614

Actions (login required)

View Item View Item