Pengaruh Kepemimpinan Trasformasional Kepala Sekolah dan Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Pelaksanaan Tugas Guru Guru SD Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan

Nopredi, Basrul (2022) Pengaruh Kepemimpinan Trasformasional Kepala Sekolah dan Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Pelaksanaan Tugas Guru Guru SD Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_BASRUL_NOPREDI_18147017_5833_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi secara umum dan survei awal di lapangan, pelaksanaan tugas guru SD di Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan terkesan belum baik. Apabila keadaan ini dibiarkan tentu akan berdampak terhadap peningkatan mutu pendidikan. Setelah diprediksi,kondisi tersebut disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya faktor kompetensi pedagogik dan kepemimpinan trasformasional kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan menganalisis seberapa besar (1) Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guruSD di Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan (2) Pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap pelaksanaan tugas guru SD di Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan, (3) Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolahmelalui kompetensi pedagogik guru terhadap pelaksanaan tugas guru SD di Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasinya adalah seluruh guru SDdi Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan berjumlah 426 orang, sedangkan sampel berjumlah 125 orang yang ditetapkan dengan teknik Stratified Proportional Random Sampling dan strata yang digunakan adalah strata jenjang pendidikan dan masa kerja. Data diperoleh dengan menggunakan angket skala likert yang telah diuji kesahihan dan keandalannya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Kepemimpinan Kepala Sekolah berpengaruh terhadap Kompetensi Pedagogik Guru sebesar 23,6%. (2) Kompetensi Pedagogik GuruberpengaruhterhadapPelaksanaantugas gurusecara signifikan sebesar 27,2%, sedangkan (3) Kepemimpinantransformasionalkepalasekolahmelalui Kompetensipedagogik Guru berpengaruhterhadapPelaksanaantugasguru sebesar 64%. Analisis data tesebut, telah menunjukkan bahwa ketiga hipotesis dapat diterima secara empiris. Untuk meningkatkan pelaksanaan tugas guru guru SDdi Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan perlu ditingkatkan melalui kompetensi pedagogik dan kepemimpinan trasformasional kepala sekolah secara baik dan bertanggungjawab.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJasrial, JasrialUNSPECIFIED
CorrectorYahya, YahyaUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDSulastri, SulastriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KEPEMIMPINAN TRASFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH, KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 May 2023 04:36
Last Modified: 08 May 2023 04:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43612

Actions (login required)

View Item View Item