Pengembangan Model Pembelajaran Desain Produksi Busana Berbasis CTL

Yusmerita, Yusmerita (2022) Pengembangan Model Pembelajaran Desain Produksi Busana Berbasis CTL. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_08_YUSMERITA_1019477_303_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan hasil traser studi tahun 2013, 2017 yang dilakukan jurusan IKK FPP UNP terhadap lulusan dan hasil kunjungan lapangan peneliti pada sekolah mode. Karena kecilnya kemungkinan untuk menjadi guru bagi lulusan, sehingga peneliti melakukan penelitian terhadap mata kuliah Desain Produksi Busana, yang merupakan muara bagi semua mata kuliah bidang studi Tata Busana, peneliti telah menerapkan Pengembangan Model Pembelajaran Desain Produksi Busana dengan berbasis CTL sehingga model ini mampu meningkatkan kemampuan mahasiswa dibidang Desain Produksi Busana. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah model ini mampu meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap mahasiswa IKK FPP UNP pada mata kulah Desain Produksi Busana. Tujuannya adalah agar lulusan mampu bekerja sesuai bidang profesionalnya yaitu menjadi guru atau desainer busana. Sehingga dianalisa kebutuhan, pengembangan dan implikasi model ini dalam bentuk validitas, praktikalitas dan efektifitas model pembelajaran ini. Desain penelitian ini adalah Research and Development (R&D), dengan menggunakan Model ADDIE, populasi penelitan ini adalah sebanyak 27 orang mahasiswa IKK FPP UNP (total sampling) yang mengambil mata kuliah Desain Produksi Busana, yang masuk tahun 2014/2015. sebagai uji coba dilakukan terhadap mahasiswa yang masuk tahun2013/2014. Instrumen penelitian ini adalah melalui angket, observasi, dan wawancara, penyusunan kisi-kisi instrumen berdasarkan teori pembelajaran berbasis CTL/komponen ctl dan konten pembelajaran Desain Produksi Busana. Selain itu bukti juga berupa foto dokumentasi selama penelitian berlangsung. Teknik analisa data secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh validator, pengajar, user (SMKN) sebagai pemakai produk lulusan dan mahasiswa yang mengambil mata kuliah tersebut, terlihat peningkatan yang signifikan dibandingkan dari sebelum pelaksanaan penelitian itu dilakukan yaitu berupa preetest, dengan nilai rata-rata 65 dan akhirnya dibandingkan dengan postest rata-rata 85. Dari hasil penelitian ini dinyatakan bahwa pembelajaran ini valid dengan nilai rata-rata 4,52 dari validator, nilai rata-rata 4,71 dari user (SMKN). Nilai rata-rata 4.61 dari pengajar yaitu tim dosen. Sedangkan nilai dari pengajar tentang praktikalitas pembelajaran rata-rata 4,50 dan respon mahasiswa untuk melihat efektifitas pembelajaran adalah 4,45 Berdasarkan hasil ini disimpulkan bahwa Pengembangan Model Pembelajaran Desain Produksi Busana Berbasis CTL ini dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap mahasiswa dibidang desain produksi busana.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMukhaiyar, MukhaiyarUNSPECIFIED
Thesis advisorJalinus, NizwardiUNSPECIFIED
Thesis advisorAnanda, AzwarUNSPECIFIED
CorrectorJama, JaliusUNSPECIFIED
CorrectorEffendi, MawardiUNSPECIFIED
CorrectorZainuddin, ZainuddinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN BERBASIS CTL , MODEL ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 May 2023 04:35
Last Modified: 08 May 2023 04:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43608

Actions (login required)

View Item View Item