Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif Terintegrasi Smart Classroom pada Pendidikan Vokasi

Huda, Yasdinul (2022) Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif Terintegrasi Smart Classroom pada Pendidikan Vokasi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_08_YASDINUL_HUDA_16193057_1355_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran Inovatif Terintegrasi Smart Classroom pada Pendidikan Vokasi, yang valid, efektif dan efisien. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan prosedur Richey & Klein model tipe II (model research) dengan dua langkah utama yaitu: 1) pengembangan model, terdiri dari pengembangan model komprehensif dan pengembangan proses-proses komponen model, dan 2) validasi model, terdiri dari validasi internal komponen model dan validasi eksternal dampak model. Perancangan model dilakukan dengan studi literatur dan focus group discussion dengan para pakar dan akademisi. Validasi model dilaksanakan dengan penilaian pakar, uji coba terbatas, uji coba diperluas, pre-experimental design (menggunakan one-group pretest posttest design dan posttest only with nonequivalent groups), termasuk menerapkan prosedur analisis faktor konfirmatori untuk menguji rancangan konstruksi Kompetensi IT-SmC. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa model pembelajaran yang dikembangkan dapat memenuhi kriteria valid, efektif, dan efisien. Peningkatan kompetensi PSB kelas eksperimen mencapai 7,89%, ujibeda dengan U Mann-Whitney memberikan nilai Z (-2,232) > Z0 (-1,96) yang menunjukkan bahwa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol dengan taraf signifikansi 0,019. Kompetensi IT-SmC kelas eksperimen juga lebih baik setelah melalui uji-t dimana nilai t (2,546) > t0 (2,056) dengan taraf signifikansi 0,017. Penerapan model terbukti mampu meningkatkan Kompetensi IT-SmC mahasiswa dan kompetensi vokasional bidang keahlian informatikanya sekaligus

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAmbiyar, AmbiyarUNSPECIFIED
Thesis advisorSukardi, SukardiUNSPECIFIED
CorrectorJalinus, NizwardiUNSPECIFIED
CorrectorAnwar, MuhammadUNSPECIFIED
CorrectorDefit, SarjonUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF, SMART CLASSROOM, PENDIDIKAN VOKASI.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 May 2023 07:34
Last Modified: 05 May 2023 07:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43600

Actions (login required)

View Item View Item