Pengembangan Model Student Research Based Learning (S-RBL) untuk Mengembangkan Kreativitas Mahasiswa pada Pembelajaran Embroidery

Nelmira, Weni (2022) Pengembangan Model Student Research Based Learning (S-RBL) untuk Mengembangkan Kreativitas Mahasiswa pada Pembelajaran Embroidery. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_08_WENI_NELMIRA_17193078_3410_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan penelitian The Global Creativity Index 2015 bahwa Indeks kreativitas di Indonesia cenderung rendah. Hal ini juga tergambar pada pendidikan vokasi khususnya pembelajaran Embroidery di Program Studi Tata Busana UNP dimana mahasiswa kurang kreatif dalam menghasilkan produk bordir. Untuk mengatasi masalah tersebut, salah satu solusinya yaitu dengan mengembangkan model pembelajaran untuk pengembangan kreativitas mahasiswa melalui model pembelajaran berbasis riset yang dilakukan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model Student Research Based Learning (S-RBL) yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa pada pembelajaran Embroidery. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan Plomp (2013) dengan tiga tahap yaitu tahap preliminary research, design and develop prototype dan assessment. Instrumen pengumpulan data berupa angket, lembaran penilaian, dan tes. Model yang dikembangkan divalidasi oleh 5 orang pakar dan diuji praktikalitasnya oleh mahasiswa dan dosen pengampu mata kuliah Embroidery. Uji efektivitas model dilakukan dengan melihat perbedaan hasil belajar dan kreativitas mahasiswa pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Analisis data uji validitas dan uji praktikalitas menggunakan rumus Aiken V, sedangkan uji efektivitas dianalisis menggunakan uji t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model S-RBL mempunyai tingkat validitas, praktikalitas dan efektivitas yang tinggi. Model ini dinilai valid, praktis dan efektif. Peningkatan hasil belajar dan kreativitas mahasiswa yang belajar dengan model S-RBL lebih tinggi dari pada model konvensional. Ini membuktikan bahwa model S-RBL dapat meningkatkan hasil belajar dan kreativitas mahasiswa pada pembelajaran Embroidery. Dengan demikian, model S-RBL dapat dijadikan sebagai model dalam mengembangkan kreativitas mahasiswa khususnya pada pembelajaran Embroidery atau pembelajaran vokasi lain dengan karakteristik pembelajaran yang sama

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEfi, AgustiUNSPECIFIED
Thesis advisorElida, ElidaUNSPECIFIED
CorrectorAmbivar, AmbivarUNSPECIFIED
CorrectorJama, JaliusUNSPECIFIED
CorrectorJalinus, NiswardiUNSPECIFIED
CorrectorM. Giatman, M. GiatmanUNSPECIFIED
CorrectorAmpera, DinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: STUDENT RESEARCH BASED LEARNING
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 May 2023 03:40
Last Modified: 05 May 2023 03:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43590

Actions (login required)

View Item View Item