Angelia, Inge
(2022)
Pengembangan Model Problem-Based Learning To Prevent Corruption (PBL-PC) untuk Mahasiswa Perguruan Tinggi Kesehatan Kota Padang.
Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penanaman sikap anti korupsi menjadi perhatian utama yang harus dikembangkan pada saat sekarang ini, melihat tingginya Indeks Persepsi Korupsi di Indonesia dari tahun ketahun, serta adanya kecendrungan perilaku koruptif yang ada di perguruan tinggi. Pelaksanaan pendidikan anti korupsi selama ini di perguruan tinggi belum berjalan optimal. Solusi yang ditawarkan untuk dapat mengoptimalkan pengembangan pendidikan anti korupsi di Perguruan Tinggi adalah mengembangkan Model Problem Based Learning To Prevent Corruption untuk menstimulasi peningkatan sikap anti korupsi melalui peningkatan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pada mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan (PKn).
Pengembangan model pembelajaran ini dilaksanakan menggunakan desain pengembangan Plomp. Intervensi dibangun melalui penelitian design research yang terdiri dari tiga tahap yaitu Preliminary Research, design and develop prototype dan assessment phase. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi, angket dan lembar soal. Produk divalidasi oleh pakar dan diujicobakan pada mahasiswa STIKES Syedza Saintika dan STIKES Indonesia. Sedangkan Data kuantitatif diperoleh melalui angket dan lembar tes. Data kualitatif didapatkan melalui observasi, tanggapan beserta saran perbaikan yang diberikan secara tertulis. Praktikalitas model pembelajaran ditentukan berdasarkan respon dosen dan respon mahasiswa melalui kegiatan one to one dan small group. Sedangkan efektivitas model pembelajaran ditentukan dari sikap anti korupsi, aktivitas dan kemampuan pemecahan masalah. Data keterlaksanaan pembelajaran dan efektifitas produk diperoleh melalui penelitian eksperimen dengan rancangan randomized control –group pretes-posttes design. Data validitas dengan menggunakan AIKEN’s V, praktikalitas di analisis menggunakan rata-rata dan persentase. Data peningkatan keterampilan pemecahan masalah dan sikap anti Korupsi dianalisis dengan uji t test menggunakan bantuan SPSS.
Dari hasil penelitian ini diperoleh suatu model Problem Based Learning
To Prevent Corruption pada mata kuliah PKn yang disingkat dengan model PBL_PC. Temuan penelitian menunjukan bahwa model ini dapat menstimulasi peningkatan sikap anti korupsi mahasiswa dengan meningkatkannya juga kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pada pembelajaran PKn di Perguruan Tinggi Kesehatan di Kota Padang. Oleh karena itu berdasarkan temuan ini direkomendasikan kepada Dosen dan calon dosen untuk dapat menggunakan model PBL_PC dalam Mata Kuliah PKn di Perguruan Tinggi Kesehatan
Actions (login required)
|
View Item |