Pengembangan Model Problem-Based Learning To Prevent Corruption (PBL-PC) untuk Mahasiswa Perguruan Tinggi Kesehatan Kota Padang

Angelia, Inge (2022) Pengembangan Model Problem-Based Learning To Prevent Corruption (PBL-PC) untuk Mahasiswa Perguruan Tinggi Kesehatan Kota Padang. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_08_INGE_ANGELIA_18169035_2916+2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penanaman sikap anti korupsi menjadi perhatian utama yang harus dikembangkan pada saat sekarang ini, melihat tingginya Indeks Persepsi Korupsi di Indonesia dari tahun ketahun, serta adanya kecendrungan perilaku koruptif yang ada di perguruan tinggi. Pelaksanaan pendidikan anti korupsi selama ini di perguruan tinggi belum berjalan optimal. Solusi yang ditawarkan untuk dapat mengoptimalkan pengembangan pendidikan anti korupsi di Perguruan Tinggi adalah mengembangkan Model Problem Based Learning To Prevent Corruption untuk menstimulasi peningkatan sikap anti korupsi melalui peningkatan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pada mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Pengembangan model pembelajaran ini dilaksanakan menggunakan desain pengembangan Plomp. Intervensi dibangun melalui penelitian design research yang terdiri dari tiga tahap yaitu Preliminary Research, design and develop prototype dan assessment phase. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi, angket dan lembar soal. Produk divalidasi oleh pakar dan diujicobakan pada mahasiswa STIKES Syedza Saintika dan STIKES Indonesia. Sedangkan Data kuantitatif diperoleh melalui angket dan lembar tes. Data kualitatif didapatkan melalui observasi, tanggapan beserta saran perbaikan yang diberikan secara tertulis. Praktikalitas model pembelajaran ditentukan berdasarkan respon dosen dan respon mahasiswa melalui kegiatan one to one dan small group. Sedangkan efektivitas model pembelajaran ditentukan dari sikap anti korupsi, aktivitas dan kemampuan pemecahan masalah. Data keterlaksanaan pembelajaran dan efektifitas produk diperoleh melalui penelitian eksperimen dengan rancangan randomized control –group pretes-posttes design. Data validitas dengan menggunakan AIKEN’s V, praktikalitas di analisis menggunakan rata-rata dan persentase. Data peningkatan keterampilan pemecahan masalah dan sikap anti Korupsi dianalisis dengan uji t test menggunakan bantuan SPSS. Dari hasil penelitian ini diperoleh suatu model Problem Based Learning To Prevent Corruption pada mata kuliah PKn yang disingkat dengan model PBL_PC. Temuan penelitian menunjukan bahwa model ini dapat menstimulasi peningkatan sikap anti korupsi mahasiswa dengan meningkatkannya juga kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pada pembelajaran PKn di Perguruan Tinggi Kesehatan di Kota Padang. Oleh karena itu berdasarkan temuan ini direkomendasikan kepada Dosen dan calon dosen untuk dapat menggunakan model PBL_PC dalam Mata Kuliah PKn di Perguruan Tinggi Kesehatan

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAnanda, AzwarUNSPECIFIED
Thesis advisorMontesari, MariaUNSPECIFIED
CorrectorNeviyarni, NeviyarniUNSPECIFIED
CorrectorFrinaldi, AldriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PROBLEM-BASED LEARNING TO PREVENT CORRUPTION
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 May 2023 02:27
Last Modified: 04 May 2023 02:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43581

Actions (login required)

View Item View Item