Pengaruh Penambahan Hidroksiapatit dari Cangkang Lokan Terhadap Kuat tekan, Kuat lentur, dan Kekerasan pada Sampel Implan Tulang

Rezki, Putri Rahayu (2022) Pengaruh Penambahan Hidroksiapatit dari Cangkang Lokan Terhadap Kuat tekan, Kuat lentur, dan Kekerasan pada Sampel Implan Tulang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_PUTRI_RAHAYU_REZKI_18034130_1872_2022.pdf

Download (786kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh penambahan hidroksiapatit terhadap kuat, tekan, kuat lentur, dan kekerasan sampel implan tulang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil pengujian sifat mekanik yaitu kuat tekan, kuat lentur dan kekerasan sampel implan tulang setelah penambahan serbuk hidroksiapatit dari cangkang lokan. Jenis penelitian ini adalah eksperimental, pembuatan hidroksiapatit dari cangkang lokan dilakukan dengan metode pengendapan basah. CaO dari cangkang lokan dan asam fosfat digunakan sebagai sumber kalsium dan fosfat dari hidroksiapatit. Massa penambahan serbuk hidroksiapatit adalah 0,0.5,1,1.5,2 dan 2.5gram. Penelitian ini menggunakan sampel berukuran 12.7 x 12.7 x 25.4 mm (kuat tekan), 128 x 25 x 4 mm (kuat lentur) dan 10 x 10 x 10 mm (kekerasan). Pengujian kuat tekan dan kuat lentur menggunakan Universal Testing Machine (UTM), dan pengujian kekerasan sampel menggunakan Microhardness Vicker. Hasil pengujian menunjukkan telah berhasil disintesis hidroksiapatit dari cangkang lokan dengan hasil karakterisasi menggunakan XRD, XRF dan FTIR. Hasil uji kuat tekan dan kekerasan (12,4 Mpa dan 5.53 kg/mm2) tercatata pada sampel dengan peambahan 2,5gram serbuk hidroksiapatit. Hasil uji kuat lentur menunjukkan semakin banyak penambahan hidroksiapatit maka semakin turun nilai kuat lenturnya. Nilai kuat lentur terendah pada komposisi sampel 1gram yaitu 4 MPa. Secara keseluruhan berdasarkan nilai kuat tekan dan kuat lentur yang diperoleh pada sampel implan tulang telah dapat diaplikasikan pada tulang cancellous, sedangkan berdasarkan nilai kekerasan yang diperoleh maka sampel sudah dapat diaplikasikan sebagai implan pada tulang kortikal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJonuarti, RiriUNSPECIFIED
CorrectorDarvina, YenniUNSPECIFIED
CorrectorRatnawulan, RatnawulanUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 04 May 2023 02:27
Last Modified: 04 May 2023 02:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43580

Actions (login required)

View Item View Item