Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)Berbasis Problem Based Learning pada Materi Amina untuk Kelas XII SMA/MA

Petri, Oki Marlina (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)Berbasis Problem Based Learning pada Materi Amina untuk Kelas XII SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_OKI_MARLINA_PETRI_15035038_1748_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Amina merupakan bagian dari materi karbon bergugus fungsi yang dipelajari pada semester genap di kelas XII SMA/MA. Materi amina mempelajari tentang struktur, tata nama, sifat fisika, sifat kimia, kegunaan dan spektrum IR. Materi ini erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari seperti amina alami dan sintetik yang berperan dalam aktivitas fisiologis dan biologis manusia, diantaranya hormon, asam amino, nikotin, anti iritasi shampo, pelumas mesin, obat-obatan termasuk obat-obatan yang tergolong Napza.Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran materi amina adalah modelProblem Based Learning (PBL) karena amina dekat dengan kehidupan. Pelaksanaan penelitian menggunakan metodeR&D (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D yaitu define,design, develop dan disseminate yang dibatasi hingga develop pada uji validitas. Instrumen penelitian adalahangket yang diberikan kepada tiga orang dosen jurusan kimia FMIPA UNP dan dua orang guru kimia. Uji validitas bahan ajar dilakukan penilaian pada empat komponenyang meliputi komponen kelayakan isi, kebahasaan, penyajian dan kegrafikan. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan formula Aiken’s V. Hasil penelitian pada komponen kelayakan isi diperoleh rata-rata V = 0,85 komponen kebahasaan didapatkan rata-rata V = 0,9 komponen penyajian mendapatkan rata-rata V= 0,86 dan kegrafikan dengan rata-rata V = 0,87. Nilai rata-rata validitas LKPD yang dikembangkan telah valid (0,87). Berdasarkan analisis, LKPD berbasis Problem Based Learning pada materi amina yang dikembangkan telah valid dari aspek kelayakan isi, aspek kebahasaan, aspek penyajian dan aspek kegrafikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuryelita, SuryelitaUNSPECIFIED
CorrectorGuspatni, GuspatniUNSPECIFIED
CorrectorFitriza, ZonaliaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 03 May 2023 08:03
Last Modified: 03 May 2023 08:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43561

Actions (login required)

View Item View Item