Hubungan Kekuatan Otot Lengan dan Keseimbangan Dinamis dengan Kemampuan Lempar Lembing pada Siswa SMPN 1 Panti Kabupaten Pasaman

Anisa, Tya Awaliah (2022) Hubungan Kekuatan Otot Lengan dan Keseimbangan Dinamis dengan Kemampuan Lempar Lembing pada Siswa SMPN 1 Panti Kabupaten Pasaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_TYA_AWALIAH_ANISA_18086034_5241_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan lempar lembing pada siswa SMPN 1 Panti Kabupaten Pasaman. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan kekuatan otot lengan dan keseimbangan dinamis dengan kemampuan lempar lembing pada siswa SMPN 1 Panti Kabupaten Pasaman. Penelitian ini termasuk penelitian korelasional. Populasi penelitian ini seluruh siswa putra SMPN 1 Panti Kabupaten Pasaman yang berjumlah 50 orang. Pengambilan Sampel menggunakan teknik Purposive sampling, dimana teknik pengambilan sampel dengan kriteria tertentu, sehingga sampel diperoleh sebanyak 25 orang. Instrument data kekuatan otot lengan menggunakan test push-up, keseimbangan dinamis menggunakan Modified Bass Test of Dynamic Balance, kemampuan lempar lembing menggunakan test gaya hop step. Analisis data dan pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis kolerasi Product Moment dan kolerasi ganda dengan taraf signifikan α = 0,05. Hasil pengujian menunjukkan: (1) terdapat hubungan yang signifikan kekuatan otot lengan dengan kemampuan lempar lembing siswa putra SMPN 1 Panti dengan rhiting lebih besar dari rtabel (0,582 >0,396). (2) terdapat hubungan yang signifikan keseimbangan dinamis dengan kemampuan lempar lembing siswa putra SMPN 1 Panti dengan rhitung lebih besar dari rtabel (0,403>0,396). (3) terdapat hubungan yang signifikan kekuataan otot lengan dan keseimbangan dinamis dengan kemampuan lempar lembing siswa putra SMPN 1 Panti dengan rhitung lebih besar dari rtabel. (0,645>0,396)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArsil, ArsilUNSPECIFIED
CorrectorEmral, EmralUNSPECIFIED
CorrectorAstuti, YuniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KEKUATAN OTOT LENGAN-KESEIMBANGAN DINAMIS
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 03 May 2023 08:02
Last Modified: 03 May 2023 08:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43557

Actions (login required)

View Item View Item