Tinjauan Pelaksanaan Pelayanan Prima Waiter pada Restaurant Mentawai Hotel Pangeran Beach Padang.

Putra, Ridho Ramanda (2022) Tinjauan Pelaksanaan Pelayanan Prima Waiter pada Restaurant Mentawai Hotel Pangeran Beach Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_RIDHO_RAMANDA_PUTRA_18135317_5774_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari peneliti melaksanakan Pengalaman Lapangan Industri. Peneliti menemukan beberapa permasalahan yang terjadi di Hotel Pangeran Beach Padang berdasarkan complain dari tamu yang telah berkunjung di Restaurant Mentawai antara lain : saat tamu berkunjung ke restoran complain terhadap pelayanan waiter di pintu masuk kurang greeting terhadap tamu, karyawan restoran yang bersikap kurang peduli terhadap tamu, tidak menanggapi keluhan dan pesanan dari tamu, orderan ke kamar yang datang sangat lama, masalah mengenai layanan take away breakfast yang tidak jelas, dan masih adanya staff restoran bermain handphone saat jam operasional berlangsung.Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis Tinjauan Pelaksanaan Pelayanan Prima Waiter Pada Restaurant Mentawai Hotel Pangeran Beach Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan data kuantitatif. Populasi data dalam penelitian ini yaitu tamu yang datang pada Restaurant Mentawai dengan jumlah 2.288 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive sampling berjumlah 100 orang. Data yang digunakan adalah data primer dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden yang disusun berdasarkan skala likert. Selanjutnya data di analisis menggunakan teknik TCR (Tingkat Capaian Responden).Berdasarkan hasil uji coba instrumen penelitian yang telah dilakukan kepada 30 orang tamu yang berkunjung di Restaurant Hotel Truntum Padang, diperoleh hasil dari 19 butir pernyataan untuk variabel pelayanan prima, dapat disimpulkan bahwa semua butir pernyataan dinyatakan valid. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, disimpulkan bahwa tingkat capaian responden (TCR) secara keseluruhan dikategorikan cukup baik dengan skor 72,8%. Selanjutnya hasil deskripsi data per indikator dapat dikelompokkan sebagai berikut: 1) Tangible (berwujud) dapat digolongkan kategori cukup baik dengan skor TCR 71,6%, 2) Emphaty (empati) digolongkan kategori cukup baik dengan skor TCR sebesar 70%, 3) Responsiveness (daya tanggap) dapat digolongkan kategori baik dengan skor TCR sebesar 80,8%, 4) Reliability (keandalan) dapat digolongkan kategori cukup baik dengan skor TCR sebesar 71%, 5) Assurance (jaminan) dapat digolongkan kategori kurang baik dengan skor TCR sebesar 69,4%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutra, TrisnaUNSPECIFIED
CorrectorAdrian, ArifUNSPECIFIED
CorrectorWulansari, NidiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PELAYANAN PRIMA, WAITER, RESTAURANT MENTAWAI
Subjects: A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities
A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities
A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities
A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities

G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 03 May 2023 08:40
Last Modified: 03 May 2023 08:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43554

Actions (login required)

View Item View Item