Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 3 Sungai Limau

Nurfazira, Nurfazira (2022) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 3 Sungai Limau. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_NURFAZIRA_16029023_1628_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Komunikasi matematis merupakan salah satu aspek penting dan harus dicapai dalam pembelajaran matematika. Namun pada hasil observasi di kelas VIII SMPN 3 Sungai Limau kemampuan komunikasi matematis belum sepenuhnya dikuasai oleh peserta didik dan belum terfasilitasinya peserta didik untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dengan baik. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya keaktifan peserta didik dalam pembelajaran, dan peserta didik kesulitan dalam mengemukakan langkah-langkah penyelesaian dari sebuah masalah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan perkembangan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMPN 3 Sungai Limau setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimental dengan rancangan penelitian One Shot Case Study Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 3 Sungai Limau tahun pelajaran 2021/2022. Sampel dari penelitian ini adalah kelas VIII. 1 SMPN 3 Sungai Limau. Data penelitian ini dikumpulkan melalui kuis dan tes kemampuan komunikasi matematis berdasarkan persentase jumlah peserta didik, rata-rata nilai, serta persentase skor peserta didik per indikator. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa perkembangan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMPN 3 Sungai Limau dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe STAD terukur dan mengalami peningkatan rata-rata pada beberapa indikator, yaitu indikator mengekspresikan ide-ide matematis melalui tulisan dan menginterpretasikan ide-ide matematis baik secara tulisan maupun bentuk visual lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
CorrectorJamaan, Elita ZustiUNSPECIFIED
CorrectorDwina, FitrianiUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 03 May 2023 04:20
Last Modified: 03 May 2023 06:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43548

Actions (login required)

View Item View Item