Analisis Integrated Marketting Communication (Imc) Menggunakan Instagram Sebagai Strategi Promosi Make Up Art (MUA).

Putri, Fanni Kurnia (2022) Analisis Integrated Marketting Communication (Imc) Menggunakan Instagram Sebagai Strategi Promosi Make Up Art (MUA). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_FANNI_KURNIA_PUTRI_18078066_5233_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Komunikasi pemasaran terpadu (IMC) adalah kegiatan yang berupaya memadukan antara periklanan dengan alat komunikasi pemasaran lainnya seperti humas, pemasaran langsung, promosi media sosial serta event sponsorship untuk bisa bekerja bersama-sama. Salah satunya adalah melalui instagram. persaingan global antar MUA yang semakin ketat membuat para MUA tersebut melakukan cara terbaru dalam memenangkan persaingan industri MUA, salah satunya dengan melakukan strategi promosi menggunakan instagram. Pemilihan instagram ini sebagai media komunikasi pemasaran dengan tujuan memperkenalkan hasil karya make up nya kepada masyarakat luas tidak hanya di lingkup Kota Padang Panjang. Terlihat dari hasil unggahan make up yang tampak jelas serta halus di feed instgram, sehingga dengan hal tersebut memperkuat keyakinan banyak orang atau perempuan untuk menggunakan jasa make up. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pelaksanaan integreted marketing communication menggunakan instagram sebagai strategi penjualan jasa make up art diKota Padang Panjang dan Untuk menganalisis apa saja keunggulan dan kelemahan dalam melakukan promosi melalui media sosial instagram. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis data penelitian berupa data primer dan sekunder yang bersumber dari observasi, dokumentasi dan angket.Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, model data dan penarikan/ verifikasi kesimpulan. Informan dalam penelitian ini adalah para Make Up Art (MUA) yang aktif dan menggunakan Instagram sebagai media promosi sebanyak 10 (sepuluh) orang. Penelitian ini dilaksanakan dikota padang panjang. Hasil penelitian ini, jasa make up art (MUA) di kota Padang Panjang menggunakan media sosial instagram untuk beriklan dan mengembangkan komunikasi pemasaran yang efektif. Dalam melakukan promosi penjualan pelaku usaha make up art (MUA) di kota Padang Panjang melakukan strategi promosi penjualan yang dilakukan yaitu tersebut memberikan diskon harga kepada konsumen. Dengan memberikan harga diskon kepada konsumen, konsumen akan lebih tertarik untuk menggunakan jasa make up nya. Berdasarkan hasil wawancara dengan pelaku usaha jasa make up art (MUA) di kota Padang Panjang dalam melakukan promosi langsung kepada masyarakat atau calon konsumen supaya calon konsumen atau masyarakat merasa puas dan memahami apa yang telah dijelaskan oleh pelaku usaha make up art (MUA). Dengan penjelasan yang telah dijelaskan oleh pelaku usaha make up art (MUA) maka dari inilah nilai promosi yang sangat penting bagi calon konsumen karena selain mendapatkan pemahaman mengenai make up dan harga make up calon konsumen juga mendapatkan konsultasi mengenai contoh riasan make up. Bentuk promosi yang ii dilakukan oleh make up art di kota Padang Panjang adalah melalui direct marketing dengan cara memberikan pelayanan yang baik kepada calon konsumen supaya konsumen merasa nyaman dan puas sehingga konsumen tersebut bisa mengajak dan memberikan penjelasan kepada konsumen lain tentang bagaimana pelayanan yang diberikan oleh pelaku usaha make up di kota Padang Panjang. Keunggulan menggunakan instagram, masyarakat akan lebih mudah mendapatkan informasi mengenai jasa make up art (MUA) dengan begitu akan lebih banyak menambah calon konsumen. Media sosial juga bisa menjadi sarana periklanan yang tepat. Kehadiran media sosial merupakan cara yang paling efisien untuk menampilkan produk atau jasa dan juga membangun citra merek tersendiri sedangkan untuk kelemahannya yaitu persaingan yang ketat. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi bahan masukan dalam membangun sebuah usaha dibidang jasa make up.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAstuti, MurniUNSPECIFIED
CorrectorRahmiati, RahmiatiUNSPECIFIED
CorrectorYanita, MeritaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: INTEGRATED MARKETTING COMMUNICATION (IMC), INSTAGRAM, MAKE UP ART (MUA).
Subjects: N Fine Arts > CO Cosmetic
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan - D4
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 03 May 2023 04:19
Last Modified: 03 May 2023 04:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43540

Actions (login required)

View Item View Item