Syofiyanti, Dessy
(2022)
Pengembangan Model Pendidikan Seks untuk Anak dengan Pendekatan Index Card Match di Sekolah Dasar.
Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Tingginya kasus kekerasan seksual pada anak-anak di Indonesia, salah satunya anak sekolah dasar, hasil penelitian sebelumnya dijelaskan bahwa pentingnya implementasi pendidikan seksualitas untuk anak di sekolah dasar, akan tetapi dengan kurangnya penerapan materi serta media pendidikan seksualitas untuk anak, menyebabkan penerapanpendidikan seksualitas untuk anak belum maksimal dilaksanakan, bahkan belum adanya penerapan pendidikan seksualitas untuk anak di sekolah dasar, kalaupun ada, hanya pemberian materi berbasis tematik dan tidak secara khusus, padahal materi pendidikan seksualitas untuk anak sangat penting diberikan kepada anak sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi pendidikan seksualitas untuk anak dengan pendekatan index card match di sekolah dasar agar anak bisa mengenali dirinya dengan baik dan tercegah dari kekerasan seksual anak yang valid, praktis, dan efektif.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE dengan tahapan; analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek penelitian siswa kelas 5 Sekolah Dasar. Analisis data menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Produk (buku model, buku guru, buku siswa dan index card match) yang telah dikembangkan valid, praktis dan efektif dan meningkatnya aktifitas belajar siswa terhadap materi pendidikan seksualitas yang telah diberikan.
Dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan model (buku model, buku guru, buku siswa dan index card match) yang dihasilkan sudah valid, praktis dan efektif untuk digunakan, didukung dengan video lagu pendidikan seks untuk anak, dengan harapan produk pengembangan ini, memudahkan, menarik untuk siswa untuk belajar pendidikan seksualitas untuk anak di sekolah serta bisa diterapkan pada kehidupan sehari-hari.
Actions (login required)
|
View Item |