Pengaruh Latihan Resistance Band terhadap Kecepatan Tendangan Sabit Pada Atlet Putra Perguruan Pencak Silat Patbanbu Kecamatan Padang Utara Kota Padang

Zein, Sharah Harmanda (2022) Pengaruh Latihan Resistance Band terhadap Kecepatan Tendangan Sabit Pada Atlet Putra Perguruan Pencak Silat Patbanbu Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_SHARAH_HARMANDA_ZEIN_18087161_8014_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini rendahnya kecepatan tendangan pada atlet putra perguruan pencak silat Patbanbu dalam melakukan tendangan sabit yang mengakibatkan tendangan yang dilakukakan berhasil dielakkan, ditangkap, sehingga menghasilkan jatuhan dan point telak untuk lawan. faktor yang menyebabkan lemahnya kemampuan tendangan sabit, adalah kecepatan otot tungkai. Bentuk latihan yang dapat meningkatkan kecepatan otot tungkai adalah latihan resistance band. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian adalah atlet perguruan pencak silat berjumlah 11 atlet. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel berjumlah 7 atlet putra. Teknik analisis data menggunakan uji T. Penelitian ini dilakukan 16 kali pertemuan. Latihan yang diberikan dalam bentuk latihan resistrance band. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah Terdapat pengaruh yang signifikan dari latihan terhadap kecepatan tendangan sabit. Hasil analisis yaitu terdapat pengaruh yang signifikan pada latihan resistance band terhadap peningkatan kecepatan tendangan sabit atlet perguruan pencak silat Patbanbu Kota Padang, diperoleh nilai thitung (5,620) > ttable ( 2,015).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDonie, DonieUNSPECIFIED
CorrectorMasrun, MasrunUNSPECIFIED
CorrectorHaryanto, JekiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LATIHAN RESISTANCE-KECEPATAN TENDANGAN SABIT
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 03 May 2023 03:12
Last Modified: 03 May 2023 03:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43534

Actions (login required)

View Item View Item