Pengembangan Model Literasi Lingkungan Jelajah Alam Sekitar (LiteLJAS) pada Tema Peduli terhadap Makhluk Hidup dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar Kota Padang

Azhar, Aulia (2022) Pengembangan Model Literasi Lingkungan Jelajah Alam Sekitar (LiteLJAS) pada Tema Peduli terhadap Makhluk Hidup dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar Kota Padang. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
A_01_AULIA _AZHAR_16169005_212_2022.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini diusulkan untuk mengembangkan model Literasi Lingkungan Jelajah Alam Sekitar (LiteLJAS) yang valid, praktis dan efektifpada tema peduli terhadap makhluk hidup dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA),serta merangsangpeningkatan pengetahuan dankepedulian lingkungan pada siswa Sekolah Dasar. Dewasa ini bisa kita lihat berkaitan dengan kerusakan alam dan lingkungan, merupakan akibat dari perbuatan umat manusia. Jadi posisi atau tugas manusia sebagai khalifah yaitu memanfaatkan, mengatur, menjaga, mengelola, supaya unsur-unsur bumi tersebut tetap lestari dan tidak rusak. Sekolah terutama di tingkat dasar (SD) merupakan tempat yang paling baik dan awal dalam menggalipengetahuansertamenanamkan kepedulian terhadap lingkungan. Untuk itu perlu ditanamkan dalam diri siswa sekolah dasar adalah peduli lingkungan, yang mana peduli lingkungan ini harus benar-benar tertanam dalam diri kita sehingga kita dapat mewujudkan lingkungan hidup yang sehat. Pengembangan model LiteLJASmenerapkan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Dalam lembar observasi, angket dan lembar pertanyaan digunakan sebagai instrumen pengumpulan data. Produk divalidasi oleh ahli dan diujicobakan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar di Kota Padang. Kepraktisan model pembelajaran ditentukan oleh pelaksanaan pembelajaran, respon guru dan respon siswa. Keefektifan model pembelajaran ditentukan oleh aspek pengetahuan dan peduli lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model LiteLJAS dapat merangsang peningkatan aspek pengetahuan dan peduli lingkungan siswa, disampingitupemakaianbuku guru maupunbukusiswasangatefektifdenganpenambahansintakliterasilingkungan, sehinggamempermudahsiswadalammemahamipembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Bagi para guru dan peneliti yang ingin menerapkan model pembelajaran LiteLJAS pada materi dan siswa kelas lain, disarankanperlu mengembangkan sendiri sistem pendukung, baik berupa buku ataupun perangkat pembelajaran lainnya serta mengembangkan pada tema dan sub tema yang lebih luas, dengan memperhatikan komponen dan prinsip model pembelajaran LiteLJAS.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBarlian, EriUNSPECIFIED
Thesis advisorSyah, NurhasanUNSPECIFIED
CorrectorBakhtiar, SyarialUNSPECIFIED
CorrectorDewata, IndangUNSPECIFIED
CorrectorNadiroh, NadirohUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LITERASI LINGKUNGAN JELAJAH ALAM SEKITAR, PEMBELAJARAN IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 May 2023 02:19
Last Modified: 03 May 2023 06:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43526

Actions (login required)

View Item View Item