Pengembangan Modul Fisika Mengintegrasikan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Usaha dan Energi Di Kelas X SMA

Harahap, Nur Indriati (2022) Pengembangan Modul Fisika Mengintegrasikan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Usaha dan Energi Di Kelas X SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_NUR_INDRIATI_HARAHAP_1033144_1765_2022.pdf

Download (643kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran saat ini yaitu ditetapkannya kurikulum 2013 dan diharapkan adanya perubahan paradigma pada pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Kurikulum 2013 dituntut dapat memfasilitasi pengembangan kemampuan berpikir kreatif siswa. Kenyataan yang ada di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa masih rendah dan diketahui bahwa perlu difasilitasi dengan bahan ajar yang dapat membantu guru dalam pembelajaran untuk menampilkan kompetensi yang dikuasai oleh siswa. Hal tersebut juga diketahui bahwa belum adanya buku pendamping yang mengasah berpikir kreatif dan rendahnya kemampuan berpikir kreatif serta minimnya sarana seperti media/bahan ajar pendamping menjadi suatu alasan perlunya dikembangkan modul yang merangsang kemampuan berpikir kreatif siswa. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menentukan validitas, praktikalitas, dan efektivitas modul fisika mengintegrasikan kemampuan berpikir kreatif pada materi usaha dan energi di kelas X SMA. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development (R&D). Objek dari penelitian adalah pengembangan modul fisika mengintegrasikan kemampuan berpikir kreatif pada materi usaha dan energi yang diujicobakan kepada siswa SMA 1 Barumun. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian adalah lembar uji validitas, lembar uji praktikalitas, dan lembar uji efektivitas berupa lembar tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validitas produk, analisis kepraktisan produk, dan analisis efektivitas produk Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan tiga hasil penelitian. Pertama, modul fisika mengintegrasikan kemampuan berpikir kreatif memiliki validitas tinggi dengan nilai rata-rata pada validasi adalah 84,6%. Berdasarkan nilai tersebut dapat dikemukakan bahwa secara keseluruhan komponen modul sudah berada pada kategori sangat valid. Kedua, penggunaan modul fisika mengintegrasikan kemampuan berpikir kreatif adalah sangat praktis yang diperoleh dari nilai rata-rata menurut respon guru adalah 88%, dan nilai rata-rata modul fisika menurut respon siswa adalah 90%. Ketiga, penggunaan modul fisika mengintegrasikan kemampuan berpikir kreatif efektif digunakan dalam pembelajaran untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHufri, HufriUNSPECIFIED
CorrectorDwiridal, LetmiUNSPECIFIED
CorrectorAfrizon, RenolUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 03 May 2023 02:42
Last Modified: 03 May 2023 02:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43524

Actions (login required)

View Item View Item