Pengembangan E-Book Fisika SMA/MA Terintegrasi Materi Gempa Bumi Berbasis Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap Tanggap Peserta Didik

Yanti, Yuri (2022) Pengembangan E-Book Fisika SMA/MA Terintegrasi Materi Gempa Bumi Berbasis Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap Tanggap Peserta Didik. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_03_ YURI_YANTI_19175020_7490_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan e-book Fisika terintegrasi materi gempa bumi berbasis model problem based learning penting dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan e-book Fisika teintegrasi materi gempa bumi berbasis model problem based learning untuk meningkatkan sikap tanggap peserta didik dengan kategori valid, praktis, dan efektif. Dilihat dari karakteristik dan potensi daerah, Sumatera Barat sangat berpotensi terhadap bencana gempa bumi. Kurikulum yang berlaku saat ini menuntut adanya konteks lokal ke dalam materi pembelajaran seperti materi gempa bumi diintegrasikan ke dalam pembelajaran fisika. Selain itu, masalah seluruh dunia yang sedang dihadapi adalah pandemi COVID-19. Pembelajaran seperti itu mengisyaratkan peserta didik belajar dari rumah melalui sumber belajar berbasis elektronik. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Plomp. Model pengembangan Plomp terdiri atas tiga tahap yakni preliminary research phase, development or protyping phase, dan assessment phase. Data dalam penelitian ini adalah data analisis kebutuhan dan konteks, validitas, praktikalitas, dan efektivitas. Instrumen penilaian adalah instrumen pendahuluan berupa angket, lembar observasi, lembar analisis dan lembar tes, lembar validasi, lembar praktikalitas, lembar penilaian diri (sikap tanggap), lembar tes objektif, dan lembar penilaian kinerja. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif, uji N-Gain, uji t dan effect size. Hasil analisis kebutuhan mendeskripsikan bahwa perlu dilakukan pengembangan e-book Fisika terintegrasi materi gempa bumi berbasis model problem based learning untuk meningkatkan sikap tanggap peserta didik. Hasil penelitian adalah e-book Fisika terintegrasi materi gempa bumi berbasis model problem based learning dengan kategori valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan sikap tanggap peserta didik. Implikasi penelitian menunjukkan bahwa e-book Fisika terintegrasi materi gempa bumi berbasis model problem based learning efektif digunakan dalam pembelajaran. Kesimpulan penelitian adalah e-book Fisika terintegrasi materi gempa bumi berbasis model problem based learning yang valid, praktif, dan efektif untuk meningkatkan sikap tanggap peserta didik.,

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFauzi, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorSyafrini, syafriniUNSPECIFIED
CorrectorFestiyed, FestiyedUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-BOOK FISIKA, PROBLEM BASED LEARNING
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 02 May 2023 07:48
Last Modified: 02 May 2023 07:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43516

Actions (login required)

View Item View Item