Analisis Metode Gerak dan Lagu terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Taman Kanak-kanak di Kota Padang

Fitri, Yolanda Mustika (2022) Analisis Metode Gerak dan Lagu terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Taman Kanak-kanak di Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_YOLANDA_MUSTIKA_FITRI_18330025_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang peneliti lakukan, peneliti melihat beragamnya penggunaan metode yang digunakan guru dalam mengembangkan kemampuan sosial dan emosional anak di Taman Kanak-kanak diantaranya metode bercerita, bermain peran, dan metode gerak dan lagu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode- metode yang digunakan oleh guru dalam mengembangkan sosial dan emosional anak, salah satunya yaitu metode gerak dan lagu.disini peneltit ingin mengetahui pengaruh gerak dan lagu terhadap perkembangan sosial dan emosional anak Taman Kanak-kanak di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian mixed methods menggunakan design explanatory research. Informan dalam penelitian ini adalah guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari angket,observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Analisis data kuantitatif menunjukkan bahwa variabel berdistribusi normal, reliabel, serta linier, maka disimpulkan bahwa (1) penggunaan metode gerak dan lagu berpengaruh terhadap perkembangan sosial anak, (2) penggunaan metode gerak dan lagu berpengaruh terhadap perkembangan emosional anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode gerak dan lagu terhadap perkembangan sosial sebanyak 75%, tingkat pencapaian perkembangan emosional anak sebesar 86% Analisis kualitatif menunjukkan bahwa metode gerak dan lagu dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan sosial dan emosional anak di Taman Kanak-kanak. Berdasarkan analisis hasil penelitian kualitatif dan kuantitatif dapat diambil kesimpulan bahwa metode gerak dan lagu berpengaruh terhadap perkembangan sosial dan emosional anak Taman Kanak-kanak di Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurhafizah, NurhafizahUNSPECIFIED
CorrectorSuryana, DadanUNSPECIFIED
CorrectorMahyuddin, NennyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: METODE GERAK DAN LAGU, SOSIAL DAN EMOSIONAL ANAK
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 02 May 2023 07:39
Last Modified: 02 May 2023 07:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43515

Actions (login required)

View Item View Item