Pengembangan Modul Bimbingan dan Konseling untuk Peningkatan Perilaku Prososial Anak Usia Dini di Masa New Normal

Maulida, Yessa (2022) Pengembangan Modul Bimbingan dan Konseling untuk Peningkatan Perilaku Prososial Anak Usia Dini di Masa New Normal. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_YESSA_MAULIDA_20151042_7775_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pandemi Covid-19 yang mewabah hampir di seluruh dunia termasuk Indonesia, memberikan dampak yang cukup besar di semua sektor kehidupan tidak terkecuali sektor pendidikan. Pendidikan anak usia dini juga ikut merasakan imbasnya. Permasalahannya adalah salah satu perkembangan sosio-emosional anak usia dini yaitu perilaku prososial ikut terganggu selama pandemi Covid-19 berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan modul bimbingan dan konseling untuk peningkatan perilaku prososial anak usia dini di masa new normal yang valid secara isi dan tampilan, (2) menghasilkan modul bimbingan dan konseling yang praktis digunakan untuk peningkatan perilaku prososial di masa new normal, dan (3) menghasilkan modul bimbingan dan konseling yang efektif dalam peningkatan perilaku prososial anak usia dini di masa new normal. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research & Development) dengan model ADDIE yang dimodifikasi. Responden pada penelitian ini adalah 3 orang ahli isi dalam bidang bimbingan dan konseling (validitas isi), 3 orang ahli desain (validitas tampilan), 5 orang guru PAUD (uji kepraktisan) dan 20 orang siswa PAUD kelompok taman kanak-kanak (uji efektivitas). Instrumen penelitian ini yaitu daftar isian uji validitas isi dan tampilan, daftar isian uji kepraktisan, dan daftar isian uji efektivitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji koefisien Konkordansi Kendall’s untuk uji isi, tampilan dan kepraktisan serta uji efektivitas menggunakan teknik analisis Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian yang dilakukan secara isi dan tampilan modul dikategorikan sangat layak, kemudian secara kepraktisan modul dikategorikan sangat baik dan pada uji efektivitas berdasarkan pretest danposttest bahwasanya ditemukan peningkatan perilaku prososial anak usia dini di masa new normal setelah diberikannya modul. Ini menjadi masukan bagi guru PAUD bahwa ternyata penggunaan modul bimbingan dapat meningkatkan perilaku prososial bagi anak usia dini di masa new normal serta modul ini juga dapat digunakan oleh peserta didik dengan bimbingan orang tua di rumah agar tugas perkembangan khususnya perilaku prososial semakin baik bagi anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAfdal, AfdalUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODUL BIMBINGAN DAN KONSELING, PERILAKU PROSOSIAL
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 02 May 2023 03:33
Last Modified: 02 May 2023 03:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43503

Actions (login required)

View Item View Item