Analisis Cohesion dan Theme Rheme dalam Latar Belakang Masalah Skripsi Karya Tulis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UIN Imam Bonjol Padang

Sintya, Yeli Eka (2022) Analisis Cohesion dan Theme Rheme dalam Latar Belakang Masalah Skripsi Karya Tulis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UIN Imam Bonjol Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_02_YELI_EKA_SINTYA _19178038_4130_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah adalah bab pertama dari tesis yang berisi jawaban untuk apa dan mengapa penelitian perlu dilakukan. Membuat latar belakang masalahnya tidak mudah, mahasiswa diharuskan mengatur ide secara sistematis sehingga orang-orang tertarik dan percaya pada membaca latar belakang masalah tesis, maka harus ada kohesi. Tujuan dari latar belakang masalah adalah untuk menekankan pembaca pentingnya penelitian, latar belakang masalah harus disertai dengan argumen, sebuah argumen haruslah kohesif dan untuk membangun argumen yang baik harus disertai dengan menulis theme dan rheme yang benar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan mahasiswa dalam membangun kohesi dan tema rheme dalam latar belakang masalah skripsi di UIN Imam Bonjol Padang. Metode penelitian deskriptif digunakan dalam penelitian ini untuk menggambarkan kemampuan mereka dalam membangun perangkat kohesif dan perkembangan tematik. Untuk mengetahui kemampuan mereka, 20 latar belakang masalah dari skripsi yang berbeda dipilih dengan menggunakan random sampling. Hasil penelitian yang telah diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) siswa kurang memiliki kemampuan membangun kohesi dengan skor rata-rata 3.4 untuk grammatical cohesion dan 2.03 untuk lexical cohesion; (2) jenis dari perangkat kohesi yang paling banyak digunakan siswa adalah reference dan conjunction dengan total frekuensi sebanyak 562 dan 358 (3) jenis pola pergerakan tema yang paling banyak dipakai adalah simple linear progression dan split rheme progression dengan total frekuensi 122 dan 43 dalam menulis latar belakang masalah dari skripsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHafizh, Muhd AlUNSPECIFIED
CorrectorHamzah, HamzahUNSPECIFIED
CorrectorTiarina, YuliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PERANGKAT KOHESI, POLA PERGERAKAN TEMA
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 02 May 2023 03:20
Last Modified: 02 May 2023 03:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43501

Actions (login required)

View Item View Item