Pengembangan Model Pembelajaran Integrated Learning Berbasis Video Sketsa Pada Pelajaran Apresiasi Musik Daerah Setempat untuk Siswa SMP di Kota Padang

Sudarman, Yos (2015) Pengembangan Model Pembelajaran Integrated Learning Berbasis Video Sketsa Pada Pelajaran Apresiasi Musik Daerah Setempat untuk Siswa SMP di Kota Padang. In: Prosiding Seminar dan Rapat Tahunan (Semirata) BKS PTN Wilayah barat : Bidang Bahasa, sastra, Seni, dan Budaya.

[img]
Preview
Text
15_YOS_SUDARMAN_PENGEMBANGAN_MODEL_PEMBELAJARAN_INTEGRAT.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Mencermati masalah pembelajaran seni di sekolah, khususnya dalam hal perbedaan kemampuan siswa menyerap isi pelajaran, telah menyebabkan peneliti, dosen, dan termasuk guru perlu memikirkan banyak model pembelajaran alternatif dan inovatif yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Ada banyak asumsi yang bisa digunakan, kenapa terjadi perbedaan kemampuan siswa menyerap materi pelajaran, yang perlu dijembatani dengan penggunaan model-model pembelajaran yang dapat mengatasi kendala belajar tersebut. Adaptasi gaya belajar yang digunakan siswa dalam belajar pada pelajaran berbeda (miasalnya antara bidang esakta dan pelajaran seni) tidaklah sama. Gaya belajar itu sendiri merupakan suatu kombinasi antara cara seseorang dalam menyerap pengetahuan, termasuk cara seseorang mengatur serta mengolah informasi atau pengetahuan yang didapat dari belajar. Adapun peran model pembelajaran yang bisa menampilkan media secara terintegrasi sebagai alat bantu pelajaran sudah lama dikenali memiliki peran penting untuk mengatasi masalah komunikasi pembelajaran di dalam kelas. Dengan memperhatikan bagaimana keterkaitan antara jenis media pembelajaran yang dipilih dan disesuaikan dengan gaya belajar siswa, maka penggunaan slide video berbahan baku sketsa dengan model pembelajaran integrated learning dalam pembelajaran seni musik adalah salah satu usaha untuk penggunaan model pembelajaran yang menyesuaikan dengan gaya belajar siswa yang bersifat visual (menlihat) dan audiotorial (mendengar). Untuk pelajaran seni musik daerah setempat setingkat SMP yang menggunakan slide video, akan bisa digagas pembelajaran terpadu, karena secara substansi pelajaran berasal dari bidang musik namun secara teknis media menggunakan primsip belajar yang suda biasa dilaksanakan dalam kawasan bidang komunikasi visual.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 28 Apr 2023 16:38
Last Modified: 28 Apr 2023 16:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43491

Actions (login required)

View Item View Item