Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Interaktif Berbasis Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics (STEAM) Berbantuan Macromedia Flash 8 di Sekolah Dasar

Agustina, Yana (2022) Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Interaktif Berbasis Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics (STEAM) Berbantuan Macromedia Flash 8 di Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_YANA_AGUSTINA_20124041_7701_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Era pendidikan yang dipengaruhi oleh revolusi industri 4.0 disebut Pendidikan 4.0, yang dicirikan dengan penggunaan inovasi komputerisasi di setiap siklus pendidikan. Permasalahan yang peneliti temui pada beberapa sekolah di gugus V Kecamatan Bungus Teluk Kabung diantaranya yaitu belum adanya penggunaan bahan ajar yang bervariasi dan menggunakan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar multimedia interaktif yang valid, praktis, dan efektif yang berbasis pendekatan STEAM pada pembelajaran tematik terpadu di kelas III sekolah dasar. Penelitian ini termasuk dalam penelitian Research and Development yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara angket dan tes tertulis. Analisis data menggunakan skala likert dengan melihat analisis validasi, praktikalitas, dan efektivitas. Hasil yang diperoleh dari pengembangan bahan ajar multimedia interaktif Macromedia Flash 8 berbasis pendekatan STEAM ini yaitu untuk validator ahli materi memperoleh nilai 92%, validator ahli media memperoleh nilai 96% dan validator ahli bahasa memperoleh nilai 96%. Pada angket praktikalitas respon guru memperoleh nilai 92% dan angket praktikalitas respon peserta didik memperoleh nilai 94,64% yang sama-sama dikategorikan sangat praktis. Pada efektivitas untuk mengetahui peningkatan hasil belajar digunakan uji N–Gain dengan perolehan nilai yaitu 71,75 % dengan kategori cukup efektif dan rata-rata yang diperoleh Pre-test yaitu 47,14 naik menjadi 84,58 saat Post-test. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar multimedia interaktif Macromedia Flash 8 berbasis pendekatan STEAM pada pembelajaran tematik terpadu di kelas III SD sudah memenuhi kategori valid, praktis, dan efektif sehingga mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
CorrectorFitria, YantiUNSPECIFIED
CorrectorRusdinal, RusdinalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BAHAN AJAR, MULTIMEDIA INTERAKTIF, PENDEKATAN STEAM
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 Apr 2023 14:02
Last Modified: 28 Apr 2023 14:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43485

Actions (login required)

View Item View Item