Pengaruh Penggunaan Media Berbasis Teknologi Tanpa Perencanaan yang Melahirkan Bias Persepsi Guru Terhadap Peran Media dalam Pembelajaran Seni dan Budaya di Sekolah

Sudarman, Yos (2015) Pengaruh Penggunaan Media Berbasis Teknologi Tanpa Perencanaan yang Melahirkan Bias Persepsi Guru Terhadap Peran Media dalam Pembelajaran Seni dan Budaya di Sekolah. In: SEMINAR NASIONAL Seni Pertunjukan dan Pendidikan Seni: merajut Harmoni dalam Keragamn Budaya Nusantara melalui Seni Pertunjukkan dan Seni Pendidikan Seni, 31 Oktober 2015, Semarang.

[img]
Preview
Text
8_Yos_Sudarman_PROSIDING_SEMNINAR_SEMARANG_2015_pengaruh_penggunaan_media_berbasis_teknologi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Lahirnya persepsi guru terhadap penggunaan media dalam pembelajaran, pada awalnya sering dibangun oleh rendahnya kemampuan guru dalam mengoperasikan media tersebut di dalam kelas. Namun demikian, di luar dari faktor internal guru tersebut, sesungguhnya ada efek yang berpengaruh di luar diri si-guru secara eksternal, yang menyebabkan persepsinya dalam pemanfatan medi dalam pembelajaran menjadi bias atau menyimpang. Artinya ada faktor kebijakan sekolah dan faktor keterampilan guru yang melahirkan novelty effect, costly effect, dan skill effect yang telah mempengaruhi perilaku guru dalam memperlakukan media. Meskipun Pelajaran seni dan budaya menurut KTSP adalah pelajaran yang sarat dengan penggunaan media pembelajaran, baik dalam arti hadware maupun software-nya. Namun karean adanya ketida efek di atas, telah menyebabkan guru mempunyai persepsi keliru dan enggan untuk menggunakan media. Sehingga jalan terbaik yang ditempunya adalah kembali kepada penggunaan metode pembelajaran dengan cara-cara yang lama, yang dulu sudah biasa ia lakukan di kelas.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 28 Apr 2023 08:23
Last Modified: 28 Apr 2023 08:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43483

Actions (login required)

View Item View Item