Implementasi Authentic Task pada Web Based Learning Environment (Wble) untuk Meningkatkan Kualitas Interaksi dan Kompetensi Abad 21 Siswa Sekolah Dasar: Pengembangan Konstruk Pendukung WBLW untuk Meningkatkan Literasi dan Kompetensi Abad 21 Siswa SD; Pengembangan Video Pembelajaran Pendukung WBLE untuk Meningkatkan Literasi dan Kompetensi Siswa SD

Hidayati, Abna and Prihardioyono, Hendri and Muttaqin, Afdhal (2022) Implementasi Authentic Task pada Web Based Learning Environment (Wble) untuk Meningkatkan Kualitas Interaksi dan Kompetensi Abad 21 Siswa Sekolah Dasar: Pengembangan Konstruk Pendukung WBLW untuk Meningkatkan Literasi dan Kompetensi Abad 21 Siswa SD; Pengembangan Video Pembelajaran Pendukung WBLE untuk Meningkatkan Literasi dan Kompetensi Siswa SD. Project Report. KTP FIP UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
5_ABNA_HIDAYATI_Laporan_Akhir_UNP_OK2.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada permasalahan di lapangan yakni terjadinya learning loss dan rendahnya peringkat literasi siswa di Indonesia. Berdasarkan data (Program for International Student Assesment) PISA menunjukkan prestasi literasi membaca, matematika, dan sains siswa sekolah berusia 15 tahun atau dikenal dengan Programme for International Student Assessment (PISA), menyatakan bahwa Indonesia dalam kategori rendah dibandingkan negara lain. Siswa di Indonesia sebanyak 70 % berada di bawah kompetensi minimun dalam membaca, 71 % pada matematika dan 60 % dalam sains. Sementara dalam literasi Indonesia menempati 62 dari 70 negara atau berada pada 10 negara terbawah dalam literasi. Rasio nasional Indonesia dalam membaca hanya 0,09 rendah dari standar yang ditetapkan oleh Unesco. Sehubungan dengan hal tersebut perlu memberikan aktivitas authentic untuk meningkatkan literasi kepada peserta didik. Fenomena di lapangan sumber belajar yang tersedia belum mengakomodir aktivitas authentic learning dalam pembelajaran yang dilakukan secara offline maupun online. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan tugas-tugas authentic yang dirancang dalam web base learning environment untuk meningkatkan literasi dan kompetensi abad 21 siswa Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R n D dengan menggunakan model pengembangan 4D. Penelitian direncakana selama 2 tahun. Model terdiri dari 4 tahap yakni define, desain, development dan Desiminate. Tahun 1 dilakukan Tahap define bertujuan untuk menganalisis kurikulum, rancangan tugas dan karakteristik pembelajar sekolah dasar untuk menemukan defenisi tugas-tugas authentic. Pada tahap desain dirancang web based learning environment bagi siswa sekolah dasar yang dilengkapi dengan materi, konsep dan evaluasi pembelajaran. Tahap development yakni pengembangan web base learning environment yang dibagi pada siswa sekolah rendah dan tinggi di sekolah dasar. Validasi dan praktikalitas produk yang dilakukan oleh ahli pada peneliti mitra. Tahun 2 dilakukan uji praktikalitas dan implementasi pada sekolah pada dua wilayah penelitian yakni Padang dan Malang. Tahap desiminasi dilakukan pada dua sekolah yang berada pada dua lokasi penelitian. Responden dalam penelitian adalah guru dan siswa yang dipilih pada tiga wilayah sampel secara purposive. Data diolah dengan analisis kuantitatif dan kualitatif dengan bantuan program SPSS dan SmartPLS. Penelitian berada pada TKT3. Hasil penelitian sudah dilakukan pengembangan produk menggunakan model 4d yang meliputi langkah perencanaan yakni merencakan pengembangan web pembelajaran, pengembangan prototype dan storyboard serta merancang dan mengembangkan video pembelajaran. Pada tahap pengembangan dilakukan pembuatan video pembelajaran yang mengandung analisis tugas authentic learning activities. Selanjutnya dilakukan uji validitas terhadap produk Adapun validasi ahli yakni untuk usability (92%), information quality (93%), service interaction (91%). Hasilnya berada pada ketegori sangat valid. Selanjutnya uji praktikalitas diperoleh informasi dari pengguna yakni kemudahan penggunaan skor rata-rata (91,8%), kemanfaatan (91,7%), tampilan (91,7% dan penyajian materi (90,1%). Dari data di atas, maka hasil uji praktikalitas adalah sangat praktis. Tahap terakhir yakni desiminasi produk dilakukan melalui penulisan artikel di jurnal, dan melalui media social dan desiminasi langsung ke sekolah-sekolah sasaran. Luaran dalam penelitian adalah menghasilkan web base learning environment yang memuat tugas-tugas authentic pada siswa kelas rendah dan tinggi di Sekolah Dasar. Terdapat 6 mahasiswa yang terlibat dalam riset dan diakui sksnya pada program merdeka belajar. Publikasi internasional pada jurnal bereputasi internasional sudah disubmit yakni development studies research https://www.tandfonline.com/toc/rdsr20/current (Q2) dan educational reseacher (Q1), dua buah artikel yang sudah diterima pada prosiding terindeks scopus, draf buku yang akan dimuat di penerbit prenada dan 4 buah HKI produk penelitian.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 28 Apr 2023 08:07
Last Modified: 28 Apr 2023 08:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43477

Actions (login required)

View Item View Item