Inovasi Pembelajaran Online Mengintegrasikan Authentik Learning dan Real World Activities untuk Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Siswa Sekolah Dasar

Hidayati, Abna and Bentri, Alwen (2022) Inovasi Pembelajaran Online Mengintegrasikan Authentik Learning dan Real World Activities untuk Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Siswa Sekolah Dasar. Project Report. KTP FIP UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
4_ABNA_HIDAYATI_Laporan_Akhir_OK2.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan desain pembelajaran online dengan mengintegrasikan autentik learning and realword activity. Pembelajaran authnetik dan real world salah satunya dapat meningkatkan pembelajaran bermakna bagi siswa dan berdampak pada peningkatan kompetensinya. Selama ini survey menjelaskan 92% siswa bermasalah, dan 38% mengaku kurang mendapat bimbingan guru, sisanya kurang sumber belajar, kurang fasilitas dan kurang didampingi orangtua sehingga tidak memahami pembelajaran (SMRC, 2020). Kondisi ini mengakibatkan hanya 60% siswa yang berhasil menguasai kompetensinya (kompasiana, 2020). Survey UNICEF untuk siswa di Indonesia juga mengungkapkan bahwa sebanyak 66 % siswa dari 40 ribu siswa di Indonesia tidak nyaman belajar online karena minimnya interaksi dengan guru dan mengaku tidak mencapai kompetensi yang diharapkan[1]. Sehubungan dengan hal tersebut, penting dikembangkan desain pembelajaran online yang yang efektif bagi siswa. Penelitian merupakan bagian dari RIP UNP bidang layanan digital pembelajaran, spesifik mengembangkan model, strategi, dan media pembelajaran. Tujuan penelitian adalah mengembangkan desain pembelajaran online dengan mengintegrasikan autentik learning dan realworld activity bagi siswa Sekolah Dasar. Penelitian direncanakan selama dua tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model yang digunakan Borg and Gall. Tujuan penelitian Tahun I yakni mengembangkan desain pembelajaran online dengan output berupa buku model, buku guru dan buku siswa. Adapun langkah-langkahnya dimulai dari anaisis kebutuhan dan analisis komponen pembelajaran. Langkah-langkah berikut 1) pengumpulan data dan informasi mengenai karakteristik pembelajaran online dan karakteristik siswa, 2) identifikasi kebutuhan dan tujuan pengembangan model pembelajaran, 3) analisis tujuan pembelajaran, 4) Analisis pengalaman belajar siswa dengan pendekatan autentik dan realworld, 5) mengembangkan buku model, panduan guru dan siswa, 6) mengembangkan instrument validas dan praktikalitas produk, 7). Memvalidasi dan menguji praktikalitas produk. Penelitian berada pada TKT 1 dan 2 yakni memformulasi konsep model dan aplikasinya pada sampel terbatas. Tahun II, tahapan penelitian dilanjutkan dengan menguji efektivitas model pembelajaran online yang dihasilkan dengan responden 30 siswa SD adapun tahapannya yakni 1) ujicoba one to one, kelompok kecil dan kelompok besar, 2) merevisi model, 3) menghasilkan model online final. Ujicoba dilakukan dengan quasy experiment pretest dan post test dan data diolah dengan SPSS dengan analisis t test. Produk penelitian berupa model yang sudah direvisi. Penelitian berada pada TKT 3 yakni pada tahap pembuktian konsep (proof of concept) fungsi atau karakteristik penting secara analitis dan eksperimental model pembelajaran online yang telah teruji validitas, praktikalitas dan efektivitasnya. Penelitian pada tahun I sudah berhasil melahirkan produk berupa buku model pembelajaran online mengintegrasikan authnetik learning dan real world activity yang sudah di HKI dengan nomor EC00202143293, 1 September 2021 dan media interaktif dengan aplikasi macromedia sebagai sumber belajar online. Luaran penelitian sudah accepted dan pada tahap penerbitan pada International Journal of interactif mobiles technologies (IJIM) dan satu artikel yang sudah accepted dan menunggu publish pada prosiding terindeks scopus pada ISODEL 2021. Penelitian pada tahun 2 sudah diterapkan model dan mengaplikasikan produk penelitian dan ditargetkan menghasilkan model yang sudah teruji efektivitasnya dan HKI, serta publikasi pada jurnal IJIM dan prosiding terindek pada seminar internasional di Progres in Social Science Humanities and education research Symposium yang diselenggarakan LP2M UNP dan International Conference on Research and Learning of physics- UNP dengan scopus index serta buku berjudul pengembangan model pembelajaran online yang sudah diterbitkan pada penerbit prenada.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 28 Apr 2023 08:03
Last Modified: 28 Apr 2023 08:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43476

Actions (login required)

View Item View Item