Pengembangan Kurikulum in Service Training untuk Peningkatan Kompetensi Digital Pedagogi Guru Sekolah Dasar

Bentri, Alwen and Hidayati, Abna (2021) Pengembangan Kurikulum in Service Training untuk Peningkatan Kompetensi Digital Pedagogi Guru Sekolah Dasar. Project Report. KTP FIP UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
ABNA_HIDAYATI_PKGB_Laporan_Akhir_ALW.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini penting dilakukan di bidang layanan digital pembelajaran berdasarkan analisis kebutuhan minimnya guru memperoleh pengetahuan dan keterampilan mengenai digital pedagogy. Berdasarkan laporan penelitian mengenai kompetensi digital pedagogy guru dalam mendesain pembelajaran online hanya 40 % (Republika, 2018). Data ini menunjukkan kemampuan mengembangkan pembelajaran digital guru SD tergolong rendah, sementara dilapangan karena kondisi covid hampir 100 Persen pembelajaran secara online berdasarkan instruksi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim. Kompetensi digital pedagogy juga diperlukan pada pembelajaran di era revolusi indutsri 4.0. Minimnya kompetensi digital pedagogy guru, karena selama ini tidak memiliki kesempatan untuk mengupgrade pengetahuannya khususnya tentang pembelajaran digital. Penelitian ini menjadi bagian dari Rencana Induk Penelitian (RIP) UNP yang fokus pada layanan digital pembelajaran dengan fokus menghasilkan kurikulum, model dan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kurikulum in service training untuk peningkatan kompetensi digital pedagogy guru sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall. Fokus penelitian untuk menghasilkan kurikulum in service training. Tahap awal dengan studi literatur untuk merumuskan analisis dan desain kurikulum in- service training, selanjutnya mengembangkan kurikulum sesuai komponenya yakni tujuan, materi, pengalaman belajar dan evaluasi, berikutnya menguji validitas kurikulum in service training, praktikalitas dengan menggunakan angket, dan menguji efektifitasnya dengan menggunakan uji eksperimental dengan desain pretest dan posttest dengan responden peserta kelompok kerja guru (KKG) di Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto dengan jumlah 29 orang. Berikutnya dilakukan revisi dan evaluasi kurikulum. Produk penelitian yang dihasilkan berada TKT 3 yakni sudah berada pada tahap pembuktian konsep (proof of concept) fungsi atau karakteristik penting secara analitis dan eksperimental tentang kurikulum in service training untuk peningkatan kompetensi paedagogi digital guru Sekolah Dasar yang telah teruji validitas, praktikalitas dan efektivitasnya. Hasil penelitian yang ditemukan yakni pada tahap analisis bahwa pengembangan kurikulum in service training untuk peningkatan komptensi digital pedagogy diperlukan bagi guru-guru pada jenjang pendidikan dasar. Berdasarkan angket yang diberikan kepada guru ditemukan informasi pengembangan kurikulum diperlukan bagi guru untuk meningkatkan kompetensi digitalnya. Hal ini karena konsep tersebut merupakan pengetahuan baru baru guru. Pemberian kompetensi tersebut dapat dilakukan dengan memberikan pelatihan in service training. Pelatihan dapat dilakukan dalam rangkaian aktivitas guru dalam mengajar di sekolah. Pada tahap pengembangan dilakukan pembuatan kurikulum pengembangan komptensi digital pedagogy bagi guru. Selanjutnya diuji validitas dan dinyatakan valid yakni dengan rata-rata 3,8. Produk kurikulum juga sudah diuji dan hasilnya sangat praktis untuk digunakan. Uji efektivitas juga menunjukkan kurikulum yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan komptensi digital pedagogy karena terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest guru yang mengikuti pelatihan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 28 Apr 2023 07:27
Last Modified: 28 Apr 2023 07:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43472

Actions (login required)

View Item View Item