Inovasi Pembelajaran Online Mengintegrasikan Authentik Learning dan Real Word Activities untuk Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Siswa Sekolah Dasar

Hidayati, Abna and Bentri, Alwen and Eldarni, Eldarni (2021) Inovasi Pembelajaran Online Mengintegrasikan Authentik Learning dan Real Word Activities untuk Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Siswa Sekolah Dasar. Project Report. KTP FIP UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
ABNA_HIDAYATI_Laporan_Akhir_OK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan desain pembelajaran online dengan mengintegrasikan autentik learning and realword activity. Hal ini didasarkan hasil survey tentang pembelajaran online yang menyatakan bahwa 92% siswa bermasalah, dan 38% mengaku kurang mendapat bimbingan guru, sisanya kurang sumber belajar, kurang fasilitas dan kurang didampingi orangtua sehingga tidak memahami pembelajaran (SMRC, 2020). Kondisi ini mengakibatkan hanya 60% siswa yang berhasil menguasai kompetensinya (kompasiana, 2020). Survey UNICEF untuk siswa di Indonesia juga mengungkapkan bahwa sebanyak 66 % siswa dari 40 ribu siswa di Indonesia tidak nyaman belajar online karena minimnya interaksi dengan guru dan mengaku tidak mencapai kompetensi yang diharapkan[1]. Sehubungan dengan hal tersebut, penting dikembangkan desain pembelajaran online yang yang efektif bagi siswa. Penelitian merupakan bagian dari RIP UNP bidang layanan digital pembelajaran, spesifik mengembangkan model, strategi, dan media pembelajaran. Tujuan penelitian adalah mengembangkan desain pembelajaran online dengan mengintegrasikan autentik learning dan realworld activity bagi siswa Sekolah Dasar. Penelitian direncanakan selama dua tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model yang digunakan Borg and Gall. Tujuan penelitian Tahun I yakni mengembangkan desain pembelajaran online dengan output berupa buku model, buku guru dan buku siswa. Adapun langkah-langkahnya dimulai dari anaisis kebutuhan dan analisis komponen pembelajaran. Langkah-langkah berikut 1) pengumpulan data dan informasi mengenai karakteristik pembelajaran online dan karakteristik siswa, 2) identifikasi kebutuhan dan tujuan pengembangan model pembelajaran, 3) analisis tujuan pembelajaran, 4) Analisis pengalaman belajar siswa dengan pendekatan autentik dan realworld, 5) mengembangkan buku model, panduan guru dan siswa, 6) mengembangkan instrument validas dan praktikalitas produk, 7). Memvalidasi dan menguji praktikalitas produk. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SDN 08 Nanggalo Kota Padang. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah angket yang diberikan kepada guru dan siswa. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS dan dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian pada tahapan analisis kebutuhan menunjukkan bahwa pengembangan desain pembelajaran online menggunakan model authentic dan realworld activities diperlukan bagi siswa karena siswa umumnya memiliki gaya belajar visual, audio dan kinestetik. Pada tahap pengembangan dilakukan perancangan terhadap produk yang akan dikembangkan yakni buku model, panduan guru dan panduan siswa. Selanjutnya dilakukan validasi oleh ahli dan diuji praktikalitasnya. Hasil uji praktikalitas dinyatakan sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 28 Apr 2023 07:23
Last Modified: 28 Apr 2023 07:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43471

Actions (login required)

View Item View Item