Implementasi Kurikulum in Service Training untuk Peningkatan Kompetensi Digital Pedagogi Guru Sekolah Dasar

Bentri, Alwen and Hidayati, Abna (2022) Implementasi Kurikulum in Service Training untuk Peningkatan Kompetensi Digital Pedagogi Guru Sekolah Dasar. Project Report. KTP FIP UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
ABNA_HIDAYATI_aporan_akhir_ok_merged.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Berbagai kompetensi yang harus dimiliki oleh guru agar mampu melakukan pembelajaran secara efektif dan menyenangkan tentu menjadi hal penting dalam situasi dan kondisi apapun. Setiap guru harus terus mengasah komptensinya dalam proses pembelajaran agar hasil pembelajaran tercapai secara maksimal termasuk kompetensi dalam bidang teknologi informasi khususnya digital pedagogi. Kompetensi digital pedagogy juga diperlukan pada pembelajaran di era revolusi indutsri 4.0. Penelitian ini menjadi bagian dari Rencana Induk Penelitian (RIP) UNP yang diarahkan pada layanan digital pembelajaran dengan fokus menghasilkan kurikulum dan pada tahun ini akan diimplemetasikan kurikulum yang dihasilkan pada penelitian sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan kurikulum in service training untuk peningkatan kompetensi digital pedagogy guru Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall. Tahap yang sudah dilakukan adalah tahap analisis kebutuhan, desain dan pengembangan produk. Tahun sebelumnya sudah berhasil dikembangkan produk yang sudah divalidasi ahli. Validasi dilakukan dengan ahli kurikulum sebanyak 2 orang dan diperoleh rata-rata nilai 3,8 dengan kategori sangat baik. Validasi dilakukan berdasarkan keterkaitan dengan tujuan pengembangan kompetensi, relevansi materi dengan pengembangan kompetensi digital, dan relevansi materi dengan pengembangan kompetensi guru. Hasil ujicoba praktikalitas one to one diperoleh data sangat praktis dengan nilai rata-rata 4, 57. Fokus penelitian pada tahun ini yaitu pada implementasi model kurikulum in service training yang telah dihasilkan pada penelitian tahun sebelumnya. Implementasi dilakukan kepada peserta kelompok kerja guru (KKG) di Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto dengan jumlah 30 orang. Hasil implementasi menunjukkan adanya peningkatan kompetensi digital pedagogy guru berdasarkan indicator penguasaan content digital, penguasaan integrasi teknologi dalam pembelajaran, penguasaan system penyimpanan informasi, dan etika dalam komunikasi digital. Produk penelitian yang dihasilkan berada TKT 6 yaitu Hasil Litbang penting dan signifikan untuk pendukung keputusan dan kebijakan. Luaran dalam penelkitian sudah terbit pada jurnal fronties in education https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/feduc.2022.929191/full. Selanjutnya prosiding yang sudah accepted pada seminar di ICRLP Fmipa UNP dan HKI tahun 2022.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 28 Apr 2023 07:18
Last Modified: 28 Apr 2023 07:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43470

Actions (login required)

View Item View Item