Efektivitas Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Meningkatkan Resiliensi Siswa di Era New Normal

Hastuti, Sri (2022) Efektivitas Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Meningkatkan Resiliensi Siswa di Era New Normal. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_SRI_HASTUTI_20151054_5465_2022 (2).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dewasa ini dunia pendidikan berubah dari luring menjadi daring sehingga siswa tidak bisa melepaskan diri dari himpitan yang menyebabkan siswa banyak menunda-nunda tugas, telat mengumpulkan tugas, tidak dapat mengatur waktu belajar, tidak berani bertanya ketika kesulitan memahami materi pelajaran, kesulitan memahami instruksi guru, siswa harus menyediakan paket kuota, hal ini menyebabkan siswa suka mengeluh, bingung, putus asa dan mudah menyerah, siswa cemas, khawatir ketinggalan pelajaran, dan merasa bosan, kondisi itu menunjukan permasalahan yang bersumber dari resiliensi. Berbagai himpitan yang dialami siswa di era new normal belum ampuh dengan diberikan bimbingan kelompok untuk penanggulangan hal itu. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis perbedaan resiliensi siswa sebelum dibandingkan sesudah mengikuti bimbingan kelompok menggunakan teknik restrukturisasi kognitif, (2) menganalisis perbedaan sebelum dibandingkan sesudah mengikuti bimbingan kelompok tanpa perlakuan khusus, (3) menganalisis perbedaan resiliensi siswa sesudah mengikuti bimbingan kelompok menggunakan teknik restrukturisasi kognitif dibandingkan yang mengikuti bimbingan kelompok tanpa perlakuan khusus. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalahQuasi Experiment Design denganrancangan pretestposttest control group design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 192 siswa, dan diambil 20 siswa yang dibagi menjadi 10 siswa untuk kelompok eksperimen dan 10 siswa untuk kelompok kontrol. Penarikan sampel yang digunakan Simple Random Sampling.Instrumen penelitian yang digunakan model SkalaLikert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan resiliensi siswa sebelum dan sesudah mengikuti bimbingan kelompok menggunakan teknik restrukturisasi kognitif, (2) terdapat perbedaan yang signifikan resiliensi siswa sebelum dan sesudah mengikuti bimbingan kelompok tanpa perlakuan khusus, (3) terdapat perbedaan yang signifikan resiliensi siswa yang mengikuti bimbingan kelompok menggunakan teknik restrukturisasi kognitif dan mengikuti bimbingan kelompok tanpa perlakuan khusus.Oleh karena itu, bimbingan kelompok teknik restrukturisasi kognitif efektif untuk meningkatkan resiliensi siswa di era new normal.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFirman, FirmanUNSPECIFIED
CorrectorNeviyarni, NeviyarniUNSPECIFIED
CorrectorHariko, RezkiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BIMBINGAN KELOMPOK, TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF, RESILIENSI SISWA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 Apr 2023 08:36
Last Modified: 28 Apr 2023 08:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43469

Actions (login required)

View Item View Item