Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Inkuiri dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu

Tamrin, Husni (2022) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Inkuiri dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_HUSNI TAMRIN_791557_4011_2022.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh pendekatan inkuiri dan motivasi terhadap hasil belajar. Empat hipotesis yang diuji dalam penelitian ini adalah (1) perbedaan hasil belajar siswa dengan pendekatan pembelajaran inkuiri dengan hasil belajar siswa dengan cara konvensional, (2) Perbedaan pendekatan pembelajaran inkuiri dengan hasil belajar siswa yang mempunyai motivasi tinggi, (3) perbedaan pendekatan pembelajaran inkuiri dengan hasil belajar siswa yang mempunyai motivasi rendah, dan (4) interaksi pendekatan pembelajaran inkuiri dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu semester genap tahun 2010/2011. Sampel diambil dengan cara random sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui pretest, tes motivasi dan postest. Data dianalisis dengan uji t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa; (a) siswa yang belajar dengan pembelajaran inkuiri memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan cara konvensional, (b) siswa yang memiliki motivasi tinggi yang belajar dengan pembelajaran inkuiri memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki motivasi tinggi yang belajar dengan cara konvensional, (3) Siswa yang memiliki motivasi rendah yang belajar dengan pembelajaran inkuiri memperoleh hasil yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki motivasi rendah yang belajar dengan cara konvensional. (4) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran inkuiri dan motivasi siswa terhadap hasil belajar IPA. Implikasi dari penelitian ini adalah pembelajaran inkuiri dalam pengelolaan pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan mempermudah pemahaman siswa dalam menerima materi. Dalam hal ini di tuntut kemampuan guru untuk mengembangkan kreativitasnya dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan pendekatan inkuiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN INKUIRI, MOTIVASI BELAJAR, HASIL BELAJAR IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 Apr 2023 08:36
Last Modified: 28 Apr 2023 08:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43459

Actions (login required)

View Item View Item