Kemampuan Berpikir Kritis yang Tercermin dalam Bagian Diskusi di Thesis yang Ditulis oleh Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Padang

Wati, Refna (2022) Kemampuan Berpikir Kritis yang Tercermin dalam Bagian Diskusi di Thesis yang Ditulis oleh Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_02_REFNA_WATI_15178036_5976_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang kemampuan berpikir kritis yang tercermin dalam bagian Diskusi di thesis yang ditulis oleh mahasiswa Bahasa Inggris pascasarjana di Universitas Negeri Padang. Peneliti fokus dalam menganalisis enam kemampuan berpikir kritis (interpretation, analysis, inference, evaluation, explanation and self-regulation) yang digunakan oleh mahasiswa dalam menulis bagian diskusi sebuah thesis. Peneliti menggunakan theory Facione and Gittens (2013). Penelitian ini termasuk kedalam penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah 9 dokumen bagian diskusi dalam thesis yang ditulis oleh mahasiswa Bahasa Inggris pascasarjana di Universitas Negeri Padang. Dalam memeriksa keterpercayaan data, peneliti menggunakan metode tanya jawab dengan sejawat dan auditor. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 224 kali kemampuan berpikir kritis yang tercermin di 9 dokumen bagian diskusi di tesis yang ditulis oleh mahasiswa Bahasa Inggris pascasarjana di Universitas Negeri Padang. Hasilnya memperlihatkan bahwa mahasiswa menerapkan empat dari enam kemampuan berpikir kritis dalam menulis bagian diskusi di thesis. Hasilnya adalah kemampuan explanation 97 kali, analysis 95 kali (38.93%), interpretation 43 kali (17.62%), dan inference 9 kali (3.68%). Kemampuan Evaluation dan Self-Regulation tidak ditemukan dalam penelitian ini. Singkatnya, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa pascasarjana Universitas Negeri Padang sudah menerapkan 4 dari 6 kemampuan berpikir kritis dalam menulis bagian diskusi di tesis mereka. Kemampuan explanation dan analysis merupakan kemampuan yang tertinggi diterapkan. Kemampuan-kemampuan ini merupakan kemampuan penting dalam menulis bagian diskusi di tesis yang mana pada dasarnya berisikan eksplorasi mendalam dari hasil penelitian, menafsirkannya, dan membandingkannya dengan teori yang ada dan relevan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRozimela, YeniUNSPECIFIED
CorrectorRatmanida, RatmanidaUNSPECIFIED
CorrectorTrisno, EdiUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDAnwar, DesvaliniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 Apr 2023 06:40
Last Modified: 28 Apr 2023 06:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43456

Actions (login required)

View Item View Item