Pengembangan E-book IPA Berorientasi Green School Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Peserta Didik SMP

Nafsih, Nurul Zakiatin (2022) Pengembangan E-book IPA Berorientasi Green School Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Peserta Didik SMP. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_03_NURUL_ZAKIATIN_NAFSIH_19175024_5240_2022.pdf

Download (650kB) | Preview

Abstract

Pengembangan e-book IPA berorientasi green school berbasis inkuiri terbimbing penting untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan penurunan terhadap kualitas lingkungan yang dipengaruhi oleh kegiatan manusia. Penurunan ini ditandai dengan adanya kerusakan dan ketidakseimbangan alam. Salah satu penyebab yaitu kurangnya pemahaman dan pengetahuan mengenai lingkungan sehingga membuat kurangnya kesadaran dan tanggung jawab manusia terhadap lingkungan. Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk menghadapi masalah ini adalah dengan memberikan materi green school pada e-book IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan e-book IPA berorientasi green school berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan literasi lingkungan peserta didik SMP yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Plomp. Model ini terdiri dari preliminary research, development or prototyping phase, dan assessment phase. Instrumen penelitian meliputi angket studi pendahuluan, angket validitas, angket praktikalitas, lembar observasi sikap, lembar penilaian diri, dan soal objektif. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, teknik analisis validitas, teknik analisis praktikalitas, dan teknik analisis efektivitas produk. Hasil preliminary research menunjukkan perlunya pengembangan e-book. Hasil development menunjukkan tingkat kevalidan dari e-book sebesar 0,86 dengan kategori valid, kepratisan menurut guru sebesar 88% dengan kategori sangat praktis, dan peserta didik sebesar 89% dengan kategori sangat praktis. Hasil assessment phase menunjukkan kompetensi pengetahuan dengan nilai gain 0,9 dengan kategori tinggi dan ketuntasan klasikal mencapai 100%. Pada kompetensi sikap diperoleh nilai dengan kategoi sangat baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa e-book IPA berorientasi green school berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan literasi ingkungan peserta didik SMP adalah valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUsmeldi, UsmeldiUNSPECIFIED
CorrectorYulkifli, YulkifliUNSPECIFIED
CorrectorMufit, FatmiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-BOOK, INKUIRI TERBIMBING, GREEN SCHOOL, LITERASI LINGKUNGAN
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 Apr 2023 03:02
Last Modified: 28 Apr 2023 03:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43454

Actions (login required)

View Item View Item