Analisis Penerapan Pengelolaan Dana Desa (Studi Kasus Pada Desa Sari Mulya dan Desa Kuamang Kecamatan Jujuhan Ilir Kabupaten Bungo Provinsi Jambi)

Wulan, Diah Dewi Nawang (2022) Analisis Penerapan Pengelolaan Dana Desa (Studi Kasus Pada Desa Sari Mulya dan Desa Kuamang Kecamatan Jujuhan Ilir Kabupaten Bungo Provinsi Jambi). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_DIAH_DEWI_NAWANG_WULAN_17043109_3896.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pertanggungjawaban pengelolaan dana desa meliputi perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban di Desa Sari Mulya dan Kuamang Provinsi Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif interpretatif. Sumber data memiliki data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil survei menunjukkan bahwa: (1) Meskipun perencanaan menerapkan prinsip partisipasi dan transparansi, namun penyusunan rencana dana desa dan APBD belum sesuai dengan waktu yang telah ditentukan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 Pasal 43 (2) Pelaksanaan dana desa belum menerapkan prinsip transparansi dan partisipasi serta akuntabilitas. pemerintah desa telah menerapkan prinsip akuntabilitas terkait pendapatan dan belanja sesuai dengan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Keuangan Desa Pasal 63 (3) Pemerintah desa menerapkan prinsip akuntabilitas sesuai dengan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Keuangan Desa. pada tahap administrasi (4) Pelaporan dan akuntabilitas menerapkan prinsip akuntabilitas dan transparansi, tetapi pelaporan dan akuntabilitas. Pelaksanaan APBD tidak sesuai dengan batas waktu yang ditetapkan dan tidak sesuai dengan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHelmy, HerlinaUNSPECIFIED
CorrectorHelmayunita, NayangUNSPECIFIED
CorrectorFauzihardani, EkaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Dana Desa
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 28 Apr 2023 02:05
Last Modified: 28 Apr 2023 02:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43448

Actions (login required)

View Item View Item