Pengaruh Status Gizi, Percaya diri, dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (PJOK) Kelas IV dan V di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ikatan Persatuan Haji Indonesia Kota Payakumbuh

Yadri YS, Yadri YS (2022) Pengaruh Status Gizi, Percaya diri, dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (PJOK) Kelas IV dan V di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ikatan Persatuan Haji Indonesia Kota Payakumbuh. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_YADRI_YS_17199119_5945_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian banyaknya peserta didik yang mendapatkat nilai dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) PJOK Kelas IV dan V di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ikatan Persatuan Haji Indonesia Kota Payakumbuh. Tujuan penelitian mengetahui pengaruh status gizi, percaya diri, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (PJOK) Kelas IV dan V di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ikatan Persatuan Haji Indonesia Kota Payakumbuh Metode penelitian kuantitatif. pendekatan AnaIisis Jalur (Path Analysis). Populasi penelihan peserta didik kelas IV dan V yang berjumlah 110 orang. Teknik pengambilan sampel stratified random sampling. sampel 33 orang; Pengumpulan data menggunakan kuesioner mengukur percaya diri dan motivasi belajar, status gizi dengan penilaian Indeks Massa Tubuh (IMT), data primer melihat hasil nilai rapor peserta didik smester I Tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian: (1) status gizi berpengaruh langsung terhadap hasil belajar nilai sig = 0,044 < 0,05, berpengaruh 27,30%. (2) percaya diri berpengaruh langsung terhadap hasil belajar nilai sig = 0,029<0,05 berpengaruh 32,90%. (3) motivasi berpengaruh langsung terhadap hasil belajar nilai sig = 0,011< 0,05 berpengaruh39,50%. (4) status gizi memiliki pengaruh tidak langsung terhadap hasil belajar berpengaruh 50,10%. (5) percaya diri memiliki pengaruh tidak langsung terhadap hasil belajar besarnya 49,30%. (6) status gizi, percaya diri dan motivasi belajar berpengaruh secara simultan terhadap nilai rapor peserta didik dalam mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) nilai Rsquere = 0,982 dan tabrl Annova F = 537,2 dengan probabilitas (sig) = 0,000. Nilai sig kecil dari a = 0,05 maka ketiga variabel tersebut berpengaruh terhadap nilai rapor dalam mata pelajaran PJOK.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKhairuddi, KhairuddinUNSPECIFIED
CorrectorNeldi, HendriUNSPECIFIED
CorrectorRifki, SazeliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: STATUS GIZI, MOTIVASI BELAJAR, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 Apr 2023 08:36
Last Modified: 28 Apr 2023 08:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43444

Actions (login required)

View Item View Item