Pengembangan Desain Pembelajaran Trigonometri Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Bernuansa Etnomatematika Melayu Riau

Hidayati, Isra (2022) Pengembangan Desain Pembelajaran Trigonometri Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Bernuansa Etnomatematika Melayu Riau. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_03_ISRA_HIDAYATI_20205018_5930_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil studi pendahuluan menyatakan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa masih tergolong rendah dan tingkat kecemasan matematis siswa yang cukup tinggi. Hal ini disebabkan pada pengajaran guru yang masih bersifat mekanistik dan juga bahan ajar yang digunakan kurang berkontribusi terhadap perkembangan kemampuan komunikasi matematis siswa. Oleh sebab itu, dirancanglah suatu desain pembelajaran trigonometri berbasis Contextual Teaching and Learning bernuansa etnomatematika Melayu Riau yang diimplementasikan pada buku guru dan buku siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggabungkan dua jenis design research yaitu model Plomp dengan Gravemeijer dan Cobb. Disain model Gravemeijer dan Cobb digunakan pada fase pengembangan alur pembelajaran. Untuk mengimplementasikan alur pembelajaran maka dirancang buku guru dan buku siswa dengan menggunakan rancangan design research Plomp. Berdasarkan hasil penggabungan kedua model tersebut, maka tahap penelitian terdiri dari: tahap investigasi awal, tahap pengembangan (pembuatan protoype), dan tahap penilaian. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Rumbio Jaya. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan teknik deskriptif, yaitu mendeskripsikan validitas, praktikalitas dan efektifitas disain pembelajaran melalui buku guru dan buku siswa berbasis CTL. Instrumen pengumpulan data yang digunakan: lembar validasi, tes awal dan tes akhir, lembar observasi, pedoman wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain pembelajaran trigonometri berbasis Contextual Teaching and Learning bernuansa etnomatematika Melayu Riau sudah valid, praktis, dan efektif. Desain pembelajaran yang dikembangkan divalidasi oleh para ahli dengan memperoleh tingkat validitas pada HLT adalah 3,41 pada Buku Guru adalah 3,39 dan pada Buku Siswa adalah 3,40 dengan kategori valid. Desain pembelajaran yang dikembangkan sudah praktis dengan memperoleh nilai 86,46% untuk buku guru dengan kategori sangat praktis dan 85,68% untuk buku siswa dengan kategori sangat praktis. Selanjutnya desain pembelajaran dikatakan efektif karena penggunaan desain ini memberikan dampak positif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh nilai rata-rata 79,80 dengan kategori baik dan kecemasan matematis siswa yang memperoleh skor rata-rata 62,91 dengan tingkat kecemasan sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
Correctoryerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorYarman, YarmanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: DESAIN PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI, CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Apr 2023 02:35
Last Modified: 27 Apr 2023 02:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43433

Actions (login required)

View Item View Item