Using Contextual Teaching and Learning (CTL) Strategy to Improve Student’ Writing Skill

Jayanti, Gita Sri (2022) Using Contextual Teaching and Learning (CTL) Strategy to Improve Student’ Writing Skill. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_02_GITA_SRI_JAYANTI_19178046_4984_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 3 Siabu masih rendah. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kesulitan siswa dalam mengembangkan dan mengorganisasikan ide tulisannya, penguasaan kosakata yang kurang, pengaturan bahasa, motivasi yang rendah, dan strategi pengajaran yang masih kurang tepat. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hal ini bertujuan untuk melihat sejauh mana strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) meningkatkan keterampilan menulis siswa dan bagaimana pendapat siswa terhadap komponen proses belajar mengajar keterampilan menulis. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 3 Siabu yang berjumlah 30 siswa dan seorang kolaborator yang membantu dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari lima pertemuan. Data diambil dari tugas menulis, tes, observasi, catatan lapangan, dan wawancara. Temuan siklus I hingga siklus II menunjukkan bahwa strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa. Hal itu terlihat dari peningkatan nilai rata-rata menulis siswa. Pada siklus I, nilai rata-rata menulis siswa adalah 63,63 atau 12 siswa dapat mencapai kriteria ketuntasan minimal. Pada siklus II, nilai rata-rata menulis siswa adalah 72,72 atau 23 siswa dapat mencapai kriteria ketuntasan minimal. Penelitian ini menunjukkan peningkatan keterampilan menulis siswa melalui strategi Contextual Teaching and Learning (CTL). Peningkatan ini dipengaruhi oleh beberapa komponen: bahan ajar, media, kegiatan kelas, pendekatan guru, dan strategi mengajar. Kesimpulannya, penggunaan strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 3 Siabu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRozimela, YeniUNSPECIFIED
CorrectorHamzah, HamzahUNSPECIFIED
CorrectorArdi, HavidUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KETERAMPILAN MENULIS SISWA
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Apr 2023 01:24
Last Modified: 27 Apr 2023 01:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43432

Actions (login required)

View Item View Item